Sip, Mahasiswa Ini Belajar Wirausaha Dengan Ternak Lele

JABARNEWS | MAJALENGKA – Mengembangkan jiwa wirausaha dan berwiraswasta, sekaligus menerapkan sikap mandirinya, seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Majalengka ini berternak lele.

Menurut aktifis mahasiswa asal Desa Wanasalam Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka, Wais Al-Qorni dengan berternak lele, ia belajar bertanggungjawab. Dan tentu saja keuntungannya kelak untuk membiayai pendidikan yang sebentar lagi ia selesaikan.

Lebih jauh kata Wais, pemerintah saat ini tengah menggalakkan program wirausaha atau wiraswasta, pasalnya untuk menjadi pekerja di sebuah perusahaan harus bersaing ketat.

Baca Juga:  Asyik! Ada Universitas Baru Di Purwakarta

Pemilik kulit hitam manis ini mengaku awal tertarik beternak lele, saat melihat ayah temannya yang berternak lele, dan keuntungan yang dihasilkan cukup lumayan.

“Terlebih, untuk mengembangkannya, kita hanya perlu menyediakan lahan dan rajin memberinya makan. Makanannya pun bebas, yang penting disukai oleh lele. Kata ayah saya, tak jauh beda dengan beternak entog,” ungkap mahasiswa STID Al-Biruni Babakan Ciwaringin Cirebon ini, Minggu (7/10/2018).

Baca Juga:  Bahas RKPD 2022, Sekda Cianjur: Kita Sesuaikan Dengan Penanganan Covid-19

Wais menambahkan ia hanya memanfaatkan lahan di pinggir rumah seluas 1 X 3 meter. Sebelumnya ia sempat mengikuti pelatihan wirausaha di kampusnya. Kemudian mendalaminya dengan cara browsing dan melihat di youtube. Kini, lele yang diternaknya sejak satu bulan lalu dengan seribu benih itu siap dipanen.

“Sekarang itu untuk mengetahui sangat mudah, tinggal klik di ponsel, semua informasi ada di sana. Tetapi mempraktekannya butuh keberanian. Misalnya, saya harus keluar modal dulu untuk beli benih lele, tapi ketika panen nanti, saya bisa memetik keuntungan tiga sampai empat kali lipat. Saya menganggapnya belajar, Mas,” ujarnya.

Baca Juga:  Dua Kelompok Pelajar SMK di Purwakarta Terlibat Tawuran, Satu Orang Alami Luka Bacok

Sementara itu, sang ibu, Ratnasari sangat mendukung sikap anaknya yang mau belajar berernak lele. Ia tidak pernah memerintahkan anaknya, dorongan inovasi tersebut bermula dari anaknya sendiri.

“Sebagai ibunya, tentu saya dukung. Tapi sebagai gambaran, itu harus murni dari motivasi dirinya sendiri. Tidak karena diperintah oleh siapa pun,” ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat