Merokok Bisa Sebabkan Varises. Ini Penjelasanya

JABARNEWS | BANDUNG – Varises adalah pelebaran pembuluh darah. Kata varises berasal dari bahasa Latin yang artinya memutar. Varises merupakan pelebaran vena yang sering terjadi, dan umum nya banyak terjadi di bagian kaki.

Varises tentunya akan berbahaya bila di diamkan selama bertahun-tahun, Terganggunya aliran darah bisa mengakibatkan komplikasi seperti Tromboflebitis bahkan hingga luka terbuka kembali. Oleh sebab itu dilansir dari beberapa sumber, berikut penyebab terjadinya Varises:

Berdiri Terlalu Lama – Kebiasaan berdiri terlalu lama juga dapat menyebabkan pembuluh darah bagian kaki sulit mengalir ke jantung

Baca Juga:  PPKM Darurat, Buruh Minta Jaminan Tak Ada Ledakan PHK

Usia – semakin bertambahnya usia maka semakin tinggi juga resiko terkena varises, semakin tua nya usia membuat fungsi katup vena semakin lemah ketika membantu pemburu darah untuk dialirkan ke jantung.

Obesitas – Semakin besar dan berat tubuh mengakibatkan semakin besarnya juga tekanan pada pembuluh darah vena, Selain mempersulit pembuluh vena dalam mendorong darah dan juga dapat memperlemah katup vena sehingga darah berbalik arah dan mengendap di dalam vena.

Baca Juga:  Alot, Penentuan Cawapres Prabowo

Merokok – Dilansir Medical News Today, kebiasaan buruk merokok bisa membuat pembuluh darah menjadi kaku, menyempit, dan tidak elastis lagi sehingga dapat memicu terjadinya varises.

Sering pakai celana ketat – Celana ketat dapat memberi tekanan pada beberapa berbagai area tubuh dan dan juga dapat menyempitkan aliran darah yang pemicu terjadinya varises.

Baca Juga:  Ronggo: Rezeki Mah Ada Yang Ngatur

Kehamilan – Khusus para wanita, varises bisa terjadi akibat dari kehamilan. Hal tersebut dikarenakan, selama kehamilan, pertumbuhan janin dapat memberi tekanan pada pembuluh darah di kaki.

Faktor keturunan – Varises adalah salah satu jenis penyakit yang bisa diturunkan dari keluarga. Jika seseorang memiliki anggota keluarga penderita varises, maka peluang orang tersebut untuk terkena penyakit ini menjadi lebih tinggi.

Penulis: Muhammad Amaludin