Bandara Kertajati Diusahakan Layani Umrah dan Haji Mulai November 2022

Bandara Kertajati
Bandara Kertajati. (Foto: Dok. Kemenag).

JABARNEWS | BANDUNG – Dirjen Perhubungan Udara tengah mempersiapkan Bandara Kertajati agar dapat melayani angkutan umrah dan haji mulai November 2022.

Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono mengatakan, angkutan penerbangan untuk melayani haji, umrah, dan pembukaan rute internasional dilakukan melalui koordinasi dan audiensi antar-kementerian/lembaga terkait, pemerintah daerah, penyelenggara Bandara Kertajati, maskapai, hingga agen perjalanan guna membuka rute penerbangan umrah dari Kertajati (KJT) menuju Jeddah (JED).

Baca Juga:  Bermodal Pinjaman Rp3,2 Triliun, Kemenhub akan Bangun Infrastruktur Kendaraan Umum di Bandung

“Langkah awal adalah membuka rute penerbangan untuk umrah yang akan dibuka November mendatang. Fasilitas Custom, Imigration, Quarantine (CIQ) saat ini sudah standby on call untuk bertugas,” kata Nur dikutip JabarNews.com dari Suara.com, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga:  Mayat Pria Dikebun Sawit, Ternyata Pensiunan TNI

Selain itu, pihaknya mempersiapkan fasilitas penunjang lain seperti penginapan atau hotel di dekat bandara, rumah sakit, asrama haji, dan fasilitas yang mendukung kelancaran operasional penerbangan di Bandara Kertajati sangat penting.

Baca Juga:  PSBB Berlaku di Bogor, Ojol Dilarang Angkut Penumpang

“Tentunya upaya ini harus didukung oleh fasilitas-fasilitas pendukung penting lainnya seperti jalan arteri dan akses jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang direncanakan selesai pada Oktober nanti,” tuturnya.