Bandara Kertajati Diusahakan Layani Umrah dan Haji Mulai November 2022

Bandara Kertajati
Bandara Kertajati. (Foto: Dok. Kemenag).

JABARNEWS | BANDUNG – Dirjen Perhubungan Udara tengah mempersiapkan Bandara Kertajati agar dapat melayani angkutan umrah dan haji mulai November 2022.

Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono mengatakan, angkutan penerbangan untuk melayani haji, umrah, dan pembukaan rute internasional dilakukan melalui koordinasi dan audiensi antar-kementerian/lembaga terkait, pemerintah daerah, penyelenggara Bandara Kertajati, maskapai, hingga agen perjalanan guna membuka rute penerbangan umrah dari Kertajati (KJT) menuju Jeddah (JED).

Baca Juga:  Oktober 2023, Penerbangan Kota Bandung ke BIJB Kertajati Resmi Dialihkan

“Langkah awal adalah membuka rute penerbangan untuk umrah yang akan dibuka November mendatang. Fasilitas Custom, Imigration, Quarantine (CIQ) saat ini sudah standby on call untuk bertugas,” kata Nur dikutip JabarNews.com dari Suara.com, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga:  Misteri Dua Pesawat Bekas Angkatan Udara Prancis Terparkir di Bandara Kertajati selama Satu Tahun

Selain itu, pihaknya mempersiapkan fasilitas penunjang lain seperti penginapan atau hotel di dekat bandara, rumah sakit, asrama haji, dan fasilitas yang mendukung kelancaran operasional penerbangan di Bandara Kertajati sangat penting.

Baca Juga:  Bupati Bersama Ribuan Warga Bogor Deklarasikan Ingin Merdeka Dari Plastik

“Tentunya upaya ini harus didukung oleh fasilitas-fasilitas pendukung penting lainnya seperti jalan arteri dan akses jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang direncanakan selesai pada Oktober nanti,” tuturnya.