Kemendikbudristek Perpanjang Pendaftaran SMK PK bagi Industri, Cepetan Cek Disini!

Kemendikbudristek Perpanjang Pendaftaran SMK PK bagi Industri. (Foto: Dok. Kemendikbudristek).

Kemendikbudristek kemudian akan memadankan nilai investasi tersebut, baik untuk penguatan pembelajaran maupun sarana dan prasarana SMK yang perbandingannya akan disesuaikan dengan kebutuhan rencana bisnis.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto mengatakan bahwa program SMK PK Skema Pemadanan Dukungan merupakan upaya mewujudkan transformasi pendidikan vokasi agar selaras dengan kebutuhan dunia kerja.

Baca Juga:  Pakar IPB: Atasi Masalah Industri Unggas Harus Libatkan Tiga Kementrian

Melalui program ini, industri harus melakukan minimal tiga intervensi yang meliputi penyelarasan kurikulum, menghadirkan praktisi industri untuk mengajar di SMK, serta bantuan sarana dan prasarana untuk penguatan teaching factory.

Baca Juga:  Kasad Andika Perkasa Rombak Tiga Pejabat TNI AD, Ini Nama-namanya

“Prinsip program SMK PK Skema Pemadanan Dukungan (matching effort) ini adalah gotong royong menyiapkan lulusan SMK yang benar-benar siap bagi dunia industri,” tutur Wikan pada Selasa (1/3/2022).

Baca Juga:  DPRD dan Bupati Purwakarta Sepakati Dua Raperda Disahkan Jadi Perda

Kemendikbudristek telah menggandeng asosiasi industri strategis, seperti Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Forum Human Capital Indonesia (FHCI), dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), untuk menggerakkan industri di bawahnya agar terlibat dalam SMK PK Skema Pemadanan Dukungan.