10 Daerah Hapus Pajak Progresif Kendaraan Bermotor, Jawa Barat Belum

Jawa Barat menjadi salah satu provinsi yang belum menghapus pajak progresif.
Jawa Barat menjadi salah satu provinsi yang belum menghapus pajak progresif. (foto: istimewa)

Ia berharap, melalui kebijakan tersebut diharapkan dapat mendorong kepatuhan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Selain itu, penghapusan pajak progresif bertujuan menertibkan data kendaraan.

“Ketika kebijakan penghapusan BBNKB II dan pajak progresif diterapkan, akan mendorong kepatuhan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, data kendaraan bermotor lebih tertib dan pendapatan semakin meningkat,” jelasnya.

Baca Juga:  Pemilu 2024, PPP Optimis Bisa Mengulang Sukses Pemilihan Umum 2014

Seperti diketahui, Korlantas mengusulkan penghapusan pajak progresif dan BBNKB II. Selama ini kepolisian menilai masyarakat cenderung menunda pengurusan BBNKB II saat membeli kendaraan bekas serta menunggu pemutihan ketika akan membayar pajak progresif.

Baca Juga:  Malam Hingga Dini Hari Waspada Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang di Jawa Barat

Namun demikian, penghapusan pajak progresif merupakan kewenangan setiap daerah. Oleh karena itu, Korlantas berharap para pimpinan daerah segera merealisasikan usulan tersebut.

“Kebijakan adanya di Pergub. Enggak ada gunanya pemutihan, ini sudah kewenangan setiap daerah. Jadi kapan, kami akan berlakukan secepatnya. Pemutihan bukan hal yang bagus,” tegas Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus. (red)

Baca Juga:  Ditanya Soal Pilgub DKI atau Jabar? Ini Jawaban Ridwan Kamil