100 Hari Kerja Emil – Uu Hasilkan 17 Program

JABARNEWS | BANDUNG – Pada 5 Desember lalu, Kepemimpinan pasangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum telah memasuki hari ke 100 sejak dilantik, dimana saat ini terdapat sebuah tradisi baru yang sebetulnya tidak ada dalam aturan yaitu program 100 hari kerja.

Tercatat sejak memimpin sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur di Jawa Barat, pasangan Emil dan Uu yang sejak awal siap “ngabret” atau gerak cepat ini telah melaksanakan 17 program dalam kurun waktu 3 bulan atau 100 hari, sebagai penggalan dari optimisme membangun Jabar.

“100 hari sudah selesai, ada 17 program sudah kami tunjukkan sebagai penggalan-penggalan optimisme,” kata Gubernur dalam Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Bandung. Jumat (28/12/2018).

Baca Juga:  Duh! Kasus DBD di Ciamis Capai Puluhan Orang dari Januari hingga Februari 2023

Meskipun demikian, menurut Emil, keberhasilannya tidak bisa diukur dalam kurun waktu 100 hari. Tetapi minimal masyarakat Jawa Barat bisa melihat bahwa dirinya serius membawa perubahan dengan sebuah inovasi dan kolaborasi.

“Ini terus terang tidak mudah karena apa yang diperlihatkan seolah-olah janji-janji saat kampanye bisa selesai dalam 100 hari karana pembangunan itu ada prosedur yaitu direncanakan, dianggarkan, dieksekusi dan dievaluasi semua kalimat itu butuh minimal satu tahun. Tapi minimal masyarakat Jabar bisa melihat bahwa kami serius membawa perubahan dengan cara baru,” ungkap Emil.

Baca Juga:  Baliho Dukungan Jokowi Marak Di Subang

17 program yang kini sudah berjalan bahkan diantaranya dijadikan percontohan di Indonesia yaitu, Jabar Quick Response, Ulama Juara, Satu Desa Satu Hafidz, Layad Rawat, Ngabring ka Sakola, Kredit Mesra, Jabar Masagi, Jabar Saber Hoaks, Desa Digital, One Pesantren One Product, Maghrib Mengaji, Street Library Kolecer – Candil, Sekoper Cinta, Gurilaps.com, One Village One Company dan hibah bus pariwisata. Terakhir Kopdar GWPP (Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Umum Dalam Rangka Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat) sebagai ajang koordinasi dan silaturahim dengan bupati walikota se-Jabar.

“17 program itu adalah hal-hal baru untuk memperbaiki situasi yang ada dengan cara baru,” ujar Emil.

Masyarakat dapat mendapatkan informasinya juga di https://100hari.jabarprov.go.id .

Baca Juga:  Hanpang Kodim 0608, Jamin Ketahanan Pangan di Wilayah Cianjur

Selanjutnya, untuk program pembangunan di tahun 2019 akan ada 40 proyek strategis yang difokuskan pada bidang pariwisata dan infrastruktur. Namun Emil menuturkan, semua dimensi kehidupan juga disentuh seperti pendidikan karakter, desa mandiri, kesehatan termasuk keagamaan.

“Nanti di Desember 2019 semua perubahan yang dijanjikan selama kampanye InsyaAllah bermuara pada hasil yang maksimal mulai dari jalan mulus, pariwisata, pendidikan karakter, desa mandiri dan semua dimensi kita sentuh termasuk keagamaan. Inilah wajah Jabar yang harus kita jaga sebagai provinsi paling inovatif di Indonesia,”pungkas Emil. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat