29 Bencana Alam Terjadi dalam Sepekan, Ini Kata BPBD Purwakarta

Bencana Alam
Kegiatan Apel Siaga Bencana di Taman Pesanggrahan Pajajaran, Pemkab Purwakarta. (Foto: Dok. JabarNews).

Bencana alam yang paling diantisipasi adalah longsor dan pergerakan tanah. Pemetaan BPBD menunjukkan potensi terjadinya tanah longsor di seluruh kecamatan, dengan 38 desa masuk dalam kategori risiko sedang dan 154 desa masuk dalam risiko rendah.

Baca Juga:  Cover Religi, Inilah Santriwati Cantik Ponpes Al-Kautsar Cipaku Warungkondang Cianjur

“Masyarakat yang tinggal di perbukitan, dekat aliran sungai, atau tebing harus berhati-hati, karena intensitas hujan sudah cukup tinggi. Kita juga mewaspadai pergeseran tanah di Panyindangan dan Tegalwaru,” tambah Heryadi Erlan.

Baca Juga:  Jelang 17 Agustus, Pedagang Kopi di Purwakarta Jualan Bendera Dadakan, Omzetnya Tembus Segini

Pihak BPBD juga menghimbau kepada pengguna jalan untuk lebih berhati-hati, mengingat Kabupaten Purwakarta telah dilanda hujan disertai angin kencang. Potensi pohon tumbang menjadi risiko yang perlu diwaspadai, dan masyarakat diminta untuk tidak memarkirkan kendaraan di bawah pohon besar.

Baca Juga:  Soal Larangan Buka Bersama, Menteri PAN-RB Tegaskan Pejabat Pemerintahan harus Patuhi Arahan Presiden Jokowi, Ini Poinnya

Dalam menghadapi ancaman bencana, kerjasama dan kehati-hatian semua pihak menjadi kunci untuk menjaga keselamatan dan keamanan wilayah. (red)