49 Orang Di Cirebon, Buat SIM Bayar Dengan Sampah

Salah satu warga saat mendatangi Bank Sampah, dengan membawa tumpukan sampah. (Foto : Abdul Rohman/Jabarnews)

JABARNEWS | CIREBON – Inovasi Polresta Cirebon mengganti biaya pembuatan SIM dengan sampah cukup efektif. Terbukti, setelah 5 bulan berjalan, sudah ada sebanyak 49 orang yang sudah membuat SIM dengan modal sampah.

Pembuatan SIM melalui Bank sampah ini sangat disambut baik oleh warga Kabupaten Cirebon. Terbukti, tidak sedikit dari warga yang berbondong-bondong mendatangi Bank sampah yang difasilitasi oleh Polresta Cirebon.

“Mereka yang hendak membuat SIM, hanya datang ke Bank sampah, dengan membawa tumpukan sampah untuk mengajukan pembuatan SIM,”kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman, melalui Kasi Humas Polresta Cirebon Iptu Moch. Fadholi, Kamis (05/01/2023).

Inovasi Polresta Cirebon mengganti biaya pembuatan SIM dengan sampah cukup membuat antusias warga untuk mematuhi peraturan saat berkendara. Selama lima bulan ini, sudah mencapai 49 warga yang membuat SIM melalui Bank sampah.

“Dari mulai Agustus 2022, sampai dengan sekarang. Tercatat sudah ada 49 orang yang membuat SIM pakai bank sampah. Rata-rata mereka dari wilayah Kecamatan Gempol, membuat SIM C, “katanya.