Akademisi dan Tokoh Sunda Desak Penetapan Wali Kota Bandung Definitif Dipercepat

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (Foto: Dok. JabarNews).

“Setelah kang yana menjadi walikota definitif maka partai koalisi harus segera mengisi kekosongan posisi wakil wali kota. Karena tugas wali kota yang banyak dan masa jabatannya masih cukup lama maka harus dibantu oleh wakil wali kota,” paparnya.

Baca Juga:  Prajurit TNI Buatkan Tangga untuk Pekerja

“Partai koalisi harus bergerak cepat agar kepemimpinan politik walikota dan wakilnya mampu menghadirkan kembali kebijakan yang strategis bagi masyarakat. Jangan sampai kemudian masyarakat dirugikan,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Pengamat Politik UIN Bandung M. Fazrulzaman Azmi. Dia menyebutkan bahwa berkaitan dengan status Yana Mulyana sebagai plt yang semestinya secara definitif prosesnya menjadi Wali Kota Bandung berjalan lancar.

Baca Juga:  Tak Hanya Imbauan Mudik, FK3I Jabar Juga Minta Pemerintah Ingatkan Masyarakat Soal Protokol Lingkungan

Terkait posisi Wakil Wali Kota, Fazrul menyatakan bahwa posisi tersebut secara politis berkaitan dengan Partai Pengusungnya, yakni PKS dan Gerindra. Jadi memang selain mekanisme prosedural ada aspek politis yang harus diselesaikan antara PKS dan Gerindra.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Kawal Peredaran 102 Obat Sirup Terlarang

“Konsensus politik ini nanti yang akan mempengaruhi siapa kandidat yang kuat untuk mengisi posisi Wakil Walikota yang kosong,” ucap Fazrul.