Usung Bersatu Bangun Bangsa, Cadisdik VII Langsungka Tujuh Hari Berkarakter

Puncak salam sapa Tujuh Hari Berkarakter (7 Harkat) dengan mengusung tema 'Bersatu Bangun Bangsa' pada Jumat (28/10/2022). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | CIMAHI – Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun, Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah VII Jawa Barat melangsungkan puncak salam sapa Tujuh Hari Berkarakter (7 Harkat) dengan mengusung tema ‘Bersatu Bangun Bangsa’ pada Jumat (28/10/2022).

“Ini merupakan sosialisasi bagaimana kita menginformasikan ke sekolah-sekolah ada gerakan yang namanya tujuh hari berkarakter,” kata Kepala Cadisdik Wilayah VII Firman Oktora dalam keterangan yang diterima, Sabtu (29/10/2022).

Baca Juga:  Peringati Momentum Sumpah Pemuda, Ihsanudin: Kaum Muda Kunci Peradaban Indonesia

Tujuan 7 Harkat kata Firo, biasa disapa untuk membentuk pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan siswa setiap hari, untuk menumbuhkan karakter.

“Temanya tiap hari berbeda, hari pertama (Senin), gerakan aku bangga Indonesia ini dalam rangka menumbuhkan cinta tanah air. Hari kedua (Selasa) gerakan aku warga dunia, menumbuhkan kesadaran bahwa anak-anak kita merupakan bagian dari warga dunia sehingga mereka punya pemikiran dan pandangan terbuka, sehingga bisa bersaing di dunia internasional,” kata Firo.

Baca Juga:  H Sopian: Sumpah Pemuda Ajarkan Perbedaan Jadi Kekuatan

“Hari ketiga (Rabu) gerakan literasi dan cinta bumi ini, bagaimana anak-anak cinta lingkungan hidup kemudian memiliki literasi media, finansial dan literasi lainnya. Kemudian di hari keempat (Kamis) mencintai budaya kearifan lokal, misalnya budaya Sunda,” tuturnya.

Baca Juga:  Diduga Sering Diadu Domba Pimpinan, Warga Banjaran Majalengka Beraudiensi ke Wabup