Angin Puting Beliung Terjang Cimanggu Cianjur, 37 Rumah Warga Rusak

Sebuah rusak berat setelah tertimpa pohon yang ambruk akibat diterjang angin puting beliung, Senin (27/12/2021). (istimewa)

JABARNEWS | CIANJUR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, mencatat 37 rumah warga dan satu masjid di Desa Cimanggu, Kecamatan Cibeber, rusak berat akibat diterjang angin puting beliung pada Senin (27/12) 2021

“Tidak ada korban jiwa, namun puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi,” kata Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Labis saat dihubungi di Cianjur Senin.

Baca Juga:  Panik, Warga Dibuat Geger Dengar Suara ledakan di SDN Cipendawa Cianjur

Pihaknya langsung mengirimkan petugas ke lokasi bencana angin puting beliung untuk mendata rumah yang rusak dan membantu warga menyingkirkan pohon besar yang tumbang menimpa rumah warga.

Baca Juga:  Warga yang Rumahnya Rusak Akibat Longsor di Bungbulang Garut akan dapat Bantuan Rp50 Juta

“Tercatat 37 kepala keluarga terpaksa mengungsi untuk sementara, peristiwa angin puting beliung yang melanda empat kampung di Desa Cimanggu, terjadi Minggu sore, hingga Senin pagi warga sudha mulai memperbaiki atap rumah yang sebagian besar rusak,” katanya.

Baca Juga:  Soal Sub Terminal di Cisel, Ini Pernyataan Sikap Jaringan Aktivis Mahasiswa

Ia menjelaskan, kerugian materil akibat angin puting beliung diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Sedangkan sebagian besar warga yang mengungsi sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing, setelah warga bergotong royong memperbaiki atap rumah yang rusak ringan dan sedang.