Antisipasi Banjir di Musim Hujan, Ini Yang Dilakukan Pemkot Cirebon

JABARNEWS | CIREBON – Upaya penanggulangan banjir telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon. Langkah tersebut perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, khususnya masyarakat.

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengajak seluruh intansi untuk menyikapi musim penghujan, sebab disetiap musim penghujan, Kota Cirebon selalu menjadi langganan banjir terlebih di Kecamatan Harjamukti.

Menurut Eti, selain menyikapi, pihaknya juga harus mengantisipasi terjadinya banjir, salah satunya dengan melakukan pengerukan atau normalisasi Sungai Cikalong yang berada di Kelurahan Larangan. Dan juga Sungai Cikenis, sehingga hulu dan hilir dapat mengaliri air hujan dan meminimalisir banjir.

Baca Juga:  Lewat Creative Hub, Ninja Xpress Siap Bantu Pelaku UKM Bandung Tingkatkan Produktivitas

“Kami akan berkoordinasi dengan Bupati Cirebon agar sungai Cikenis ini dapat dikeruk, dari kitanya kan Sungai Cikalong sudah kami keruk, atau pelebaran,” katanya. Selasa (03/11/2020)

Baca Juga:  Emil Minta Semua Pihak Hormati Putusan PT Bandung Terkait Hukuman Mati Herry Wirawan

Menurut Eti, jika sungai Cikenis tidak dilakukan normalisasi sungai, yang ia khawatirkan ketika musim penghujan ini akan berdampak pada wilayah Pegambiran.

“Kalau Cikenis nya tidak dibuka (normalisasi) pegambiran sampai ujung perbatasan itu akan terkena banjir, harusnya memang kita koordinasi dengan Bupati Cirebon, karena ujung Pegambiran itu sudah masuk wilayah Kabupaten,” katanya.

Baca Juga:  Pedagang di Pasar Limbangan Garut Mengeluhkan Soal Penurunan Daya Beli Masyarakat

Lanjut Eti, dirinya, kemarin sudah meminta kepada Badan Besar Wilayah Sungai (BBWS) agar terus melanjutkan pengerukan atau normalisasi sungai.

“Kemarin kami sudah minta ke BBWS normalisasi harus terus dilanjutkan, meskipun perlu sandaran untuk perbaikan, tapi itu bertahap, yang terpenting normalisasi sungai,” katanya. (Arn)