ASKOPIS Soroti Isu Hoax dan Politisasi Agama Jelang Pemilu 2024

Pelantikan dan rapat kerja nasional DPP-ASKOPIS periode 2023-2026. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (DPP-ASKOPIS) menyoroti permasalahan isu hoax atau berita bohong dan politisasi agama menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kedua isu tersebut dibahas dalam acara pelantikan dan rapat kerja nasional DPP-ASKOPIS periode 2023-2026 di Hotel Sofyan Cikini, Jakarta, pada 1-2 September 2023, lalu. Acara tersebut dihadiri oleh dosen Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Bandung (KPI UNISBA) terdiri dari Dekan, Ketua Prodi dan wakil Dekan II.

Baca Juga:  Dani Ramdan Bentuk Tim Pengawasan Netralitad ASN untuk Pemilu 2024

Dalam kegiatan seminar nasional itu, Sekjen Kementerian Agama Profesor Nizar menyampaikan bahwa DPP-ASKOPIS ini menjadi barisan terdepan dalam membangun masyarakat yang antihoax dan meminimalisir politisasi agama di Pemilu 2024.

Baca Juga:  Gus Yahya Tegaskan PBNU Tak Terlibat Dukungan Capres dan Cawapres

Sedangkan, Wakil Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily mengatkan bahwa kegiatan tersebut, sekaligus menyatakan bahwa tema yang diangkat oleh DPP-ASKOPIS sangat update menjelang Pemilu 2024 yang sehat.

“Perlu sinergi dan kolaborasi dari semua pihak membangun tatanan demokrasi kita yang sehat, bermartabat dan damai. Saya berharap DPP ASKOPIS akan mampu memainkan peran penting dan berada di garda terdepan dalam menangkal hoax dan membangun Demokrasi Indonesia yang damai bebas dari hoax dan politsasi SARA,” kata Ace Hasan dalam keterangan yang diterima, Sabtu (9/9/2023).

Baca Juga:  Sampah Berserakan di Pantai Selatan Sukabumi, Bupati Marwan Hamami Berang