BPBD Sebut Lebih dari 313 Hektare Lahan Hutan di Jawa Barat Terbakar

Petugas berusaha memadamkan api di area lahan hutan
Petugas berusaha memadamkan api di area lahan hutan. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat lebih dari 313 hektare lahan di wilayah perhutanan mengalami kebakaran.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar, Hadi Rahmat mengatakan, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ini biasanya sering terjadi ketika memasuki musim kemarau.

Baca Juga:  Sejumlah Harga Sayuran di Purwakarta Masih Tinggi, Pedagang Menduga Gegara ini

Berdasarkan data awal tahun hingga 4 September 2023, kata Hadi, saat ini karhutla tersebar di 46 kecamatan yang terdistribusi di 15 daerah di Jawa Barat.

Kabupaten Kuningan adalah daerah dengan luas lahan hutan yang paling banyak terbakar, dengan total 165,2 hektar lahan karhutla yang terletak di dua kecamatan. “Ada 165,2 hektare lahan karhutla di sana dengan cakupan dua kecamatan,” ujar Hadi.

Baca Juga:  Jadwal SIM Keliling Kota Bandung, Jumat 10 Juni 2022

Sementara daerah yang paling terdampak karhutla terletak di Kabupaten Majalengka, dengan delapan area yang mencakup Kecamatan Cigasong, Jatiwangi, Majalengka, Sukahaji, Kasokandel, Kadipaten, Sumberjaya, dan Dawuan. Total luas lahan yang terbakar di Kabupaten Majalengka mencapai 40,3 hektar.

Baca Juga:  Puncak Musim Kemarau Diprakirakan Terjadi Juli sampai Agustus 2023