Asmawa Tosepu Pastikan Beri Bantuan Rumah Warga yang Rusak Akibat Ledakan Gudmurah, Segini Besarannya

Penjabat (Pj) Bupati Bogor Asmawa Tosepu. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BOGOR – Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengatakan bahwa pihaknya memberikan bantuan kepada masyarakat yang rumahnya rusak akibat ledakan Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Dia mengaku, keputusan memberikan bantuan berupa uang tunai itu ditetapkan dalam rapat koordinasi di Ruang Rapat Bupati, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga:  Ratusan Siswa SMAN 1 Maniis Purwakarta Demo, Desak Kepala Sekolah Diganti

Menurut Asmawa, berdasarkan hasil asesmen, masing-masing pemilik rumah yang terdampak ledakan akan diberikan bantuan berupa uang tunai maksimal senilai Rp5 juta.

Baca Juga:  Waduh! Pertalite di Bojonggede Bogor Langka, Ini Penyebabnya

“Dari hasil peninjauan langsung rata-rata rusak ringan, seperti kaca pecah di beberapa rumah dan masjid. Kemudian plafon dan atap retak. Minimal bantuan yang akan kami berikan adalah Rp1 juta, kaca pecah Rp150 ribu per jendela,” kata Asmawa di Cibinong, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga:  Limbah Peternakan Ayam Cemari Sungai, DLH Cianjur Minta Warga Buat Laporan Tertulis

Dia menjelaskan, bantuan yang diberikan berasal dari anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) dalam APBD Kabupaten Bogor 2024, kategori bantuan sosial yang tidak dapat direncanakan sebelumnya.