Atalia Praratya akan Reaktivasi Gugus Depan Kepramukaan di Jabar

Atalia Praratya
Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil melantik Pengurus Mabicab Kota Tasikmalaya masa bakti 2023-2028 di Balai Kota Tasikmalaya, Sabtu (28/1/2023). (Foto: Biro Adpim Jabar).

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya menyatakan akan mengaktifkan kembali gugus depan di setiap lembaga pendidikan hingga tingkat desa.

“Kita dengan kwartir cabang dan kwartir ranting sampai tingkat desa berkomitmen untuk mereaktivasi gugus depan,” ujar Atalia selepas melantik pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Tasikmalaya di halaman Balai Kota Tasikmalaya, Sabtu (28/1/2023).

Baca Juga:  Wah! Menantu di Tasikmalaya Curi Berangkas Senilai Rp1,5 Miliar Milik Mertuanya

Menurut Atalia, pasca pandemi Covid-19 tak sedikit gugus depan di sekolah yang kesekretariatannya tidak aktif dan kurikulum kepramukaan pun tidak berjalan walaupun para anggotanya aktif mengenakan atribut Pramuka.

Baca Juga:  Sebagian Besar Wilayah Jabar Diprediksi Bakal Alami Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

“Mungkin karena pandemi Covid-19 banyak gugus depan jadi tidak aktif meskipun hal yang lainnya tetap ada dan memakai atribut Pramuka. Namun sekretariatnya tidak ada dan kurikulumnya pun tidak berjalan,” ujarnya.

Baca Juga:  Ade Yasin Akui Pemerintah Kabupaten Bogor Andalkan Pariwisata untuk Pulihkan Ekonomi

Gugus depan merupakan kesatuan organik dalam Gerakan Pramuka yang menjadi wadah untuk menghimpun anggota sebagai peserta didik dan pembina Pramuka. Gugus depan juga telah diamanatkan oleh pemerintah dimana setiap anak didik sekolah adalah anggota Pramuka.