Bambang Tirtoyulono: Kolaborasi Pentahelix Tingkatkan Sektor Pariwisata Kota Bandung

Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Kolaborasi dan kerja sama pentahelix antara pemerintah, akademisi, pengusaha, dan media serta peran partisipatif masyarakat menjadi kunci peningkatkan sektor pariwisata di Kota Bandung.

Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan bahwa salah satu contoh kolaborasi itu yakni program Braga Beken (Braga Bebas Kendaraan). Menurutnya semua pihak terlibat dalam perencanaan sampai pelaksanaan program Braga Beken hingga menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Bandung.

Baca Juga:  OTT Cirebon Diduga Terkait Jual Beli Jabatan

“Kita ngobrol dengan stakeholder dan warga sekitar, ternyata visinya sama. Mereka ingin mengembalikan ke zaman dulu. Jadilah setiap weekend bebas kendaraan. Kita ingin nyaman. Kita ajak bicara masyarakat, pelaku usaha, dan semua pihak,” kata Bambang dalam keterangan yang diterima, Rabu (29/5/2024).

Baca Juga:  Butuh Buku Apapun, Unduh Saja iPusnas

Sejak dimulai 4 Mei lalu sampai saat ini, Braga Beken berlangsung kondusif. Antusiasme masyarakat yang hadir pun cukup tinggi. Braga Beken menjadi magnet wisatawan yang datang ke Kota Bandung.

Baca Juga:  Warga Sukabumi Datang Yuk ke Job Fair 16-17 Juni 2023, Ada Puluhan Perusahaan Buka Loker

Bambang menyebut selama libur panjang terhitung pada 23-26 Mei 2024 lalu, jumlah
wisatawan diperkirakan mencapai 195.655 orang, atau setara 12 persen jumlah kumulasi periode Januari-Maret yang mencapai 1.206.647.