Bandung Diguyur Hujan Deras, KBB di Kepung Longsor

Ilustrasi bencana longsor. (foto: ilustrasi)

JABARNEWS | BANDUNG – Hujan deras selama sepekan terakhir mengakibatkan longsor di 3 Kecamatan Kab. Bandung Barat (KBB).

Berdasarkan data BPBD KBB, curah hujan yang tinggi pada Minggu, 11 September 2022, mengakibatkan longsor di Kec Lembang, Ngamprah dan Cipatat, membuat beberapa rumah warga rusak berat dengan keadaan dinding ambrol.

Kepala BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan, longsor pertama terjadi di Kampung Cibangkonol, RT 01/04, Desa Kertamukti, Kec Cipatat, bahkan akibat kejadian ini tebing jalan sepanjang 8 meter dan tinggi 3 meter ambrol.

“Efek dari longsor tersebut, membuat jalan gang antar kampung tak bisa dilewati. Belum lagi material tanah masuk ke salah satu rumah warga, sehingga membuat rumah tersebut penuh dengan lumpur,” ucapnya, Senin (12/9).

Hujan deras yang terjadi beberapa hari yang lalu, menurutnya, juga membuat terjadinya longsor kedua di Kampung Sukamekar, RT 03/10, Desa Cikahuripan, Kec. Lembang. Sebanyak 3 rumah terancam amblas, pasalnya bangunan ketiga rumah berdiri di atas tanah yang labil, sehingga ketika hujan deras tiba rumah ini langsung terdampak longsor.