Bawaslu Kota Tasikmalaya Datangi Markas PSI, Ini yang Dibahas

Kunjungan Bawaslu Tasikmalaya ke markas PSI Kota Tasikmalaya. (foto: istimewa)

“Sehingga momentum ini adalah bentuk upaya Bawaslu mengedepankan upaya pencegahan dan demi memperkuat lembaga Bawaslu sebagai lembaga yang diberikan kewenangan untuk mengawasi Pemilu dan Pilkada,” tambahnya

Hal yang sama juga disampaikan oleh anggota Bawaslu Divisi Hukum dan Data, Roni Sundawa Putra. Menurutnya, proses penindakan adalah langkah terakhir. Untuk itu Bawaslu saat ini sangat mengedepankan upaya pencegahan ke seluruh peserta Pemilu dan masyarakat sebagai pemilih.

Baca Juga:  Sebanyak 4.248 Pemilih Pemilu 2024 Berkebutuhan Khusus di Bogor Didaftarkan

Masih menurut Roni, kedepan Bawaslu akan membentuk Bawaslu di tingkat kecamatan se-Kota Tasikmalaya untuk meminimalisir sengketa.

“Jadi kami lebih kepada pencegahan terlebih dahulu, sebelum melakukan upaya penindakan,” ujarnya.

Baca Juga:  Ini Langkah Bey Machmudin dalam Antisipasi Potensi Bencana saat Pemilu 2024

Selain itu, kata Roni, memasuki tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik, dirinya berharap agar pada saat verifikasi administrasi nanti harapannya semua sudah clear.

Baca Juga:  PKB Purwakarta Jadi Partai Pertama Lolos Verifikasi Administrasi Bacaleg

“Jadi dalam verifikasi administrasi, mengenai masalah kepengurusan parpol, dan lain sebagainya bisa clear. Dan bukan hanya pada saat tahapan pendaftaran dan verifikasi parpol saja, namun semua tahapan kami lakukan upaya pencegahan,” harap Roni dalam keterangan tertulisnya.