Begini Cara Membudidayakan Ikan Lele Bagi Para Pemula

JABARNEWS | BANDUNG – Ikan Lele merupakan salah satu alternatif yang bisa dijadikan sebagai usaha dengan cara budidaya ikan lele. Pasalnya, budidaya ikan lele ini bisa dibilang cukup mudah, selain itu di Indonesia penggemar ikan lele cukup lumayan banyak.

Bukan hanya itu saja, ternyata ikan lele mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti protein dan vitamin B-12.

Oleh Sebab itu dilansir dari Bandungnews.id berikut cara budidaya ikan lele bagi pemula yakni:

Baca Juga:  Massa Aksi di Depan Gedung DPRD Jabar Membubarkan Diri

Pertama. Membuat Kolam Lele – Cara budidaya lele yang pertama yakni kamu bisa membuat kolam sederhana dari terpal yang cara membuatnya cukup simpel. Kolam lele yang baik haru memiliki suhu 20 hingga 28 derajat Celcius.

Selain itu, suasana kolam haruslah tenang dan berwarna keruh dengan sedikit aksen hijau dari lumut. Jangan mengisi air terlalu dangkal karena ikan lele bisa mati kepanasan.

Baca Juga:  Pagi Ini, Gempa Tektonik 4,1 Guncang Gayo Lues, Masyarakat Diminta Tenang dan Waspada

Kedua. Memilih Indukan Jantan dan Betina yang Berkualitas – Untuk memulai usaha budidaya ikan lele kalian harus pintar dalam memilih calon indukan yang berkualitas pasalnya hal tersebut sangat berpengaruh dengan kualitas anaknya.

Selain itu ada beberapa ciri indukan yang berkualitas seperti Perut ramping, Tulang kepala pipih, Warnanya gelap, Lincah hingga memiliki Alat kelaminnya runcing.

Baca Juga:  Hasil Survei LS Vinus; 72 Persen Warga Bogor Tidak Puas Kinerja DPRD dan Pemkot

Ketiga. Mencari Tahu Lele yang Siap Kawin – Ciri-ciri lele yang siap kawin bisa dilihat dari warna kelaminnya. Kelamin lele jantan berwarna merah ketika siap kawin.

Sedangkan untuk lele betina, warna kelaminnya akan menguning. Jika proses pengembang biakan sudah berhasil, segera pisahkan benih-benih dari kolam untuk dilakukan pemijahan. (Red)