Begini Cara Warga di Cianjur Pasang Antena untuk Tangkap Siaran TV Digital

Antena TV dipasang salah satu warga di Kampung Warungkiara, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur kota, Kabupaten Cianjur. (Foto: Mul/JabarNews).

JABARNEWS | CIANJUR – Menggunakan antena Ultra High Frequency (UHF) biasa dipasang di rumah, merupakan gelombang elektromagnetik menjadi elemen penting bagi masyarakat. Walapun kini sudah banyak platform streaming, tapi TV analog dan digital tetap laris manis di pasaran.

Elan (40) warga Warungkiara, Desa Sukamaju Kecamatan Cianjur mengatakan, pertama untuk langkah awal cara memasang antena TV adalah Pins wajib menyediakan antena TV yang akan dipasang. Ada dua jenis antena TV sesuai dengan jenis televisi dimiliki di masing-masing rumah, yaitu antena TV digital dan analog.

Baca Juga:  Cuaca Jabar Hari Ini Akan Hujan? Begini Prediksi BMKG

“Nah! Pastikan memilih jenis antena sesuai dengan jenis TV-nya,” katanya, saat ditemui di sela kesibukannya sedang service televisi, Jumat (10/6/2022).

Baca Juga:  Program TV Digital Bisa Untungkan Industri Telekomunikasi, Asalkan...

Ia menjelaskan, saat TV analog pasangi antena TV digital. Maka sinyal frekuensinya tidak akan diterima, dan pastikan untuk membeli antena TV berkualitas. Misalkan, bisa memilih antena TV dengan jumlah elemen banyak. Semakin banyak elemen, maka semakin besar pula sinyal bisa ditangkap oleh antena.

Baca Juga:  Diskominfo Cianjur akan Terus Sosialisasi STB ke Warga

“Satu yang pasti, posisi antena TV harus tinggi agar bisa menangkap sinyal dengan baik. Maka mungkin tidak sulit, bisa saja memakai kabel antena apapun,” terang Elan.