Begini Langkah Pemkab Purwakarta Hadapi Musim Kemarau Berkepanjangan

Anne Ratna Mustika
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika. (Foto: Gin/JabarNews).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sejumlah langkah dipersiapkan Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengantisipasi musim kemarau yang diprediksi akan berlangsung berat pada tahun ini akibat dari fenomena alam El Nino.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, langkah persiapan ini difokuskan pada sektor pertanian yang diprediksi akan sangat berdampak.

Baca Juga:  Simak, Ini Tips Penerapan Protokol Kesehatan Bagi Anggota Keluarga

Menurutnya, El Nino ini akan sangat berdampak pada ketersedian air untuk sektor pertanian. Diprediksi, musim kemarau tahun ini akan terjadi kekeringan berkepanjangan.

Baca Juga:  Tak Banyak yang Tahu, Inilah Sosok Guru Ngaji Bupati Purwakarta Ambu Anne

“Kurangnya ketersediaan air akan menghambat pertumbuhan berbagai komuditas pertanian termasuk padi dan mengurangi hasil panen. Tentu situasi itu harus kita antisipasi sehingga para petani kita tidak mengalami kerugian karena dampak dari El Nino,” ucapnya pada Rabu (31/5/2023).

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini Senin 6 Februari 2023

Orang nomor satu di Purwakarta itu mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Purwakarta, untuk bisa mengantisipasi dampak buruk dari potensi kekeringan parah akibat El Nino.