Berikut Bahaya Mengkonsumsi Pedas Secara Berlebihan

JABARNEWS | BANDUNG – Banyak orang yang sangat menyukai makanan pedas terutama warga Indonesia, tetapi tidak sedikit juga orang yang tidak tahan terhadap hal tersebut.

Seseorang yang kerap mengonsumsi makanan yang mengiritasi lidah itu mungkin merasa tidak dapat makan tanpa adanya sambal di makanannya. Kebiasaan tersebut tidak berarti tanpa dampak buruk. Memang, mengonsumsi makanan pedas dapat memberikan manfaat tertentu.

Namun, jika terlalu banyak, beberapa bahaya dari kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas mungkin saja sulit dihindari. Maka dari itu, kamu harus benar-benar mempertimbangkan bahaya dari konsumsi makanan pedas. Dilansir dari beberapa sumber berikut bahayanya:

Baca Juga:  Ini Kabar Terbaru Lowongan CPNS

1. Maag – Salah satu bahaya dari mengonsumsi makanan pedas adalah maag. Jumlah cabai yang banyak dapat menyebabkan lambung mengalami iritasi atau peradangan, yang umumnya disebut penyakit maag. Bukan hanya itu, kamu juga dapat mengalami diare dan sakit kepala karenanya.

2. Mengiritasi Usus – Usus juga salah satu bagian dalam tubuh yang terbilang sensitif, sehingga jika seseorang mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak maka bahaya dapat terjadi. Gangguan pada usus mungkin sulit kamu hindari, sehingga menimbulkan iritasi.

Baca Juga:  Kota Bandung Masih Tutup 23 Ruas Jalan, Dishub: Bukan Batasi Aktivitas, Tapi..

3. Diare – Bahaya makan pedas yang pertama adalah dapat menyebabkan diare. Toleransi setiap orang terhadap sensasi pedas berbeda-beda. Ada yang bisa mengonsumsi makanan sangat pedas dan tidak terkena diare, namun ada juga yang mengonsumsi makanan yang sama dan dengan mudah terkena diare.

4. Menurunkan sensitivitas lidah – Menurunnya sensitivitas lidah juga bisa merupakan bahaya sering makan pedas. Setelah mencoba makanan dengan tingkat pedas tertentu, lidah mungkin akan menginginkan makanan yang lebih pedas lagi.

Baca Juga:  Cheka Virgowansyah Minta Warga di Kota Tasikmalaya Waspadai Cuaca Ekstrem, Ada Potensi Bencana?

Padahal, semakin pedas makanan, maka akan semakin menyebabkan luka yang lebih para di lidah. Jika kebiasaan ini dibiarkan, bukan tidak mungkin sensitivitas lidah terhadap rasa akan berkurang.

5. Insomnia – Makanan pedas juga bisa menyebabkan insomnia. Bahaya makan pedas yang satu ini sering dikaitkan dengan kemampuan makanan pedas untuk meningkatkan suhu tubuh. Makanan pedas dapat meningkatkan waktu terjaga dan sleep onset latency yang merupakan waktu antara bangun penuh hingga tertidur

Penulis: Muhammad Amaludin