Berikut Beberapa Cara Budidaya Ikan Konsumsi Yang Mesti Diketahui

JABARNEWS | BANDUNG – Pada umumnya, budidaya ikan konsumsi dengan tujuan untuk menghasilkan ikan sesuai dengan permintaan pasar.

Budidaya Ikan konsumsi cukup banyak jenisnya. Masing-masing jenis ikan yang akan Anda budidayakan memiliki cara tersendiri.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara budidaya ikan konsumsi yakni:

Pertama. Tempat Budidaya – Teknik pertama yang perlu Anda persiapkan adalah wadah dan lokasi budidaya ikan.

Baca Juga:  Puluhan Remaja di Cianjur Diamankan Polisi saat Hendak Perang Sarung

Siapkan tempa budidaya sesuai dengan jenis ikan yang akan Anda budidayakan. Wadah budidaya dapat berupa kolam, jaring apung, atau keramba jaring apung.

Kedua. Pemilihan Benih – Pilihlah benih sesuai dengan ukuran tujuan pembesaran. Anda bisa pilih benih yang bergerak aktif.

Hal ini tandanya bahwa benih ikan tersebut memiliki kualitas yang baik dengan kondisi fisik normal. Selain itu, benih ikan yang baik juga memiliki kulit dan sisik bagus.

Baca Juga:  Dua SMK di Kabupaten Bandung Terlibat Tawuran, Pemicunya Postingan di Medsos

Ketiga. Penebaran Benih – Pada teknik budidaya ikan konsumsi satu ini, Anda perlu memperhatikan kepadatan pada tiap meter persegi dari tempat.

Kepadatan tersebut ditentukan oleh jenis ikan serta sistem budidaya pembesaran yang Anda lakukan. Mulai dari sistem ekstensif, semi intensif, serta intensif.

Baca Juga:  Baznas Subang Terus Sosialisasikan Wajib Berzakat

Keempat. Pola Pemberian Pakan – Pakan dapat menentukan keberhasilan dari budidaya ikan konsumsi. Pemberian pakan juga perlu memperhatikan jumlah kebutuhan, waktu, dan cara pemberian makan.

Gunakan jenis pakan yang aman. Hindari penggunaan pakan berupa bangkai. Ini dikhawatirkan justru akan memberikan efek pada ikan. (Red)