Bey Machmudin Ingin Optimalisasi Penanganan Pencemaran Sungai Citarum Tercapai pada 2025

Bey
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin. (Foto: Rian/JabarNews).

“Jadi selain tindakan-tindakan hukum juga edukasi kepada masyarakat seperti apa dan bagaimana kita memberikan edukasi tak hanya bersifat teguran seperti jangan membuang sampah atau limbah, melainkan juga bagaimana ke depan mereka diajarkan langsung dalam pengelolaan sampah dan limbah,” ujarnya.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini Selasa 11 Oktober 2022

Ia menyebut bahwa kolaborasi dan kesatuan tekad dari seluruh pihak menjadi kunci untuk mengurangi dampak dari pencemaran lingkungan yang masif.

“Kita perlu terus mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dengan menggalang kerja sama yang kuat antar stakeholders dan melakukan terobosan kebijakan jika diperlukan untuk memastikan program ini berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan,” ucap Bey.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Pemuda yang Aktif di Komunitas Miliki Masa Depan Cerah

Terkait dengan capaian tim PPK DAS Citarum atau Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum, ia mencatat ada beberapa yang masih belum mencapai target, yaitu penanganan lahan kritis, pengelolaan sampah, penanganan air limbah domestik, limbah peternakan, keramba jaring apung serta penanganan sumber daya air dan pariwisata.

Baca Juga:  Polisi Ungkap Penyebab Kecelakaan Maut Bus Pariwisata di Ciamis, Ternyata Karena Ini

“Ini harus lebih diperhatikan dan kita kuatkan agar target-target tersebut tercapai pada tahun 2025,” ujarnya.