BNPB Siapkan 10.000 Bibit Pohon Tahan Api Antisisipasi Karhutla

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) siapkan 10.000 bibit pohon laban untuk wilayah rawan kebakaran hutan saat musim kemarau. Tanaman tersebut cocok menjadi sekat bakar agar menghambat api meluas saat terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Kalau ada gubernur, bupati, dan wali kota yang berminat, maka silakan ambil bibit pohon laban tersebut,” kata Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo dilansir dari Antaranews.com Minggu (13/10/2019)

Baca Juga:  DKIS Rakor Bersama Jurnalis Kota Cirebon

Kemudian Doni mengungkap, bagi setiap kepala daerah yang menginginka pohon tergolong tahan api, tidak mati meski sudah hangus terbakar, bisa mendapatkan bibit pohon laban dengan mengajukan permintaan ke BNPB.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi Berikan Penjelasan Pendidikan Vokasional Kepada Guru di Cirebon

“Maksimal kepala daerah hanya mendapatkan satu paket bibit yang berisikan 500 batang dan tidak boleh lebih,” Ujar Doni.

Selain itu, Doni mengemukakan perlunya upaya-upaya untuk mencari dan mengembangbiakkan tanaman-tanaman yang bisa digunakan untuk mendukung upaya pencegahan dan penanganan bencana alam.

Baca Juga:  Pick Up Tabrak APV di Tol Cipali, Lima Tewas dan Tiga Lainnya Luka

“Kita harus berkomitmen untuk mencegah bencana alam ini, terkadang hal-hal yang sederhana sering diabaikan, dimana ketika musim kemarau selalu terjadi kekeringan dan kebakaran. Demikian juga ketika musim hujan, selalu terjadi banjir, longsor, dan bencana alam,” Tegas Doni. (Ara)