Bupati Anne Ratna Mustika Minta Damkar Siaga Cegah Karhutla Dampak El Nino

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika alias Ambu Anne */Instagram @anneratna82/

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menginstruksikan petugas pemadam kebakaran untuk bersiaga penuh mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) akibat musim kemarau berkepanjangan dampak dari fenomena alam El Nino.

Antisipasi untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan dari Bupati Purwakarta tersebut sekaligus menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo yang meminta semua daerah bisa mencegah dan menekan kasus kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga:  Sidang Perceraian Anne Ratna Mustika dan Dedi Mulyadi Diundur hingga 27 Oktober Mendatang, Ini Sebabnya

“Semua potensi buruk dari musim kemarau yang parah dampak dari El Nino harus bisa kita antisipasi sebaik mungkin, termasuk adanya potensi kebakaran hutan dan lahan, Untuk itu, saya meminta petugas damkar dan intansi terkait bersiaga penuh untuk menghadapinya,” ucapnya, Kamis (8/6/2023).

Baca Juga:  Pemkab Karawang Gelar Bazzar Ramadhan di 10 Kecamatan, Cek Lokasi dan Jadwalnya

Musim kemarau tahun ini diperikarakan akan semakin panas dampak dari fenomena alam El Nino. Puncak dampak dari El Nino diperkirakan akan terjadi pada sekitar Agustus mendatang. yang menyebabkan gelombang panas dan membuat suhu udara menjadi semakin tinggi.

Baca Juga:  Walah! 6.000 Ekor Ayam Mati Terpanggang Akibar Kebakaran di Jampangkulon Sukabumi

Selain mengancam ketersediaan air bagi pertanian, fenomena El Nino juga akan menyebabkan kekeringan parah yang bisa mengancam kawasan hutan sehingga berpotensi mudah terbakar.