Pembangunan Hunian Tetap Korban Gempa Cianjur Tuntas, Basuki Hadimuljono Ingatkan Hal Ini

Basuki Hadimuljono
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Foto: Kompas).

JABARNEWS | CIANJUR – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menuntaskan pembangunan Hunian Tetap (Huntap) Tahap I dan II untuk korban gempa bumi Cianjur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya membangun huntap relokasi tahap I dan II tersebut sesuai dengan lahan yang disediakan Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk merelokasi masyarakat terdampak gempa yang tinggal di kawasan zona merah sesar Cugenang.

Baca Juga:  Nearby Sharing, Google Ciptakan AirDrop Versi Android

“Lahan yang disediakan Pemerintah Kabupaten Cianjur di Cilaku dan Mande. Sangat berbahaya jika tetap tinggal di zona merah dengan tingkat kerentanan tinggi terhadap gempa dan gerakan tanah atau longsor,” kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/4/2023).

Baca Juga:  Wanita di Cianjur Ini Syok Suaminya Bukan Berselingkuh dengan Wanita Lain, Tapi Ini Penyebabnya

Secara total, pembangunan huntap tahap I yang berada di Kecamatan Cilaku sebanyak 200 unit, sementara huntap tahap II yang berada di Kecamatan Mande sebanyak 151 unit.

Baca Juga:  Duh! di Jalan Raya Cibeber Cianjur Hadang Truk yang Melaju Kencang

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan saat ini huntap dengan teknologi rumah tahan gempa, yang disebut rumah instan sederhana sehat (RISHA) itu telah selesai dibangun.