Bupati Cianjur Minta Warga Tidak Buru dan Pelihara Hewan Langka

JABARNEWS | CIANJUR – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan untuk menjaga kelestarian alam, flora dan fauna langka yang banyak terdapat di wilayah Cianjur, harus dijaga seluruh lapisan masyarakat agar tidak punah.

“Kami mengimbau warga untuk tidak memburu hewan langka dan dilindungi yang tersesat atau berkeliaran di alam bebas. Bagi yang masih memelihara lebih baik segera diserahkan ke pihak berwajib atau BKSDA,” kata Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Senin.

Baca Juga:  KPU Subang Bagikan APK Ke Paslon

Ia menuturkan, Khusus untuk beberapa ekor surili yang masih berkeliaran di Kecamatan Cibeber, berharap warga sekitar tidak sampai memburu. Kalau melihat keberadaanya segera beritahukan pihak berwajib atau BKSDA Jabar.

Surili ungkap dia, merupakan primata endemis Jawa Barat yang keberadaannya semakin berkurang dialam bebas, sehingga perlu dijaga dan dilestarikan agar tidak sampai punah.

Baca Juga:  Besok! Deretan Artis Tanah Air Siap Gemparkan Blitar dalam Road to Kilau Raya MNCTV

Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Jawa Barat Lana Sari mengatakan masih banyak hewan yang dilindungi dipelihara secara ilegal di sejumlah wilayah termasuk di Cianjur.

Sehingga pihaknya mengimbau bagi warga yang masih memelihara hewan langka dan dilindungi agar segera menyerahkan ke pihak berwajib atau langsung ke BKSDA Jabar karena bagi yang kedapatan memelihara akan dikenakan sanksi berat.

“Keberadaan hewan langka tersebut, bukan di dalam kandang, melainkan di alam bebas. Kami imbau warga yang masih memelihara untuk menyerahkan secara sukarela agar keberlangsungannya tetap berjalan di alam bebas,” katanya.

Baca Juga:  Surat Febrina Nur Giyantika: Ingin Program Kaulinan Barudak Terus Berjalan

Sedangkan terkait beberapa ekor surili yang belum tertangkap, pihaknya mengimbau warga untuk tidak memburu atau sampai menembak primata langka tersebut.

“Kami terus berupaya agar surili yang belum tertangkap dapat direhalitasi segera,” katanya. (Ara)