Bupati Purwakarta Kolaborasikan Sistem Pendidikan Finlandia

JABARNEWS | PURWAKARTA – Peningkatan kualitas mutu pendidikan terus digenjot Pemkab Purwakarta. Salah satunya menindak lanjuti kerja sama dengan Duta Besar Finlandia.

Dubes Finlandia, Jari Sinkari dan Executive Vice President Finlandia University, Pasi Kaskinen melakukan kunjungan ke Kabupaten Purwakarta. Rombongan diterima Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dan Wakil Bupati Purwakarta H Aming, di Gedung Janaka, Pemkab Purwakarta, Jumat (9/11/2018).

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, kerja sama yang dibangun untuk mengolaborasikan pendidikan berkarakter di Purwakarta dengan pendidikan di Finlandia.

“Alhamdulillah, kini para penggiat dunia pendidikan di Purwakarta bisa belajar langsung pada Findlandia. Dalam segi pendidkan Finlandia diakui terbaik dunia. Pemerintah daerah berupaya menghadirkan dan melakukan kerja sama ini,” kata Anne dalam sambutannya di Gedung Janaka, Komplek Kantor Pemkab Purwakarta.

Baca Juga:  Jadwal Pemadaman Listrik di ULP Purwakarta Kota, Senin 20 Juni 2022

Kerja sama tersebut dilakukan untuk membangun kualitas pendidikan di Purwakarta, terutama untuk kolaborasi pendidikan berkarakter dengan pendidikan di Finlandia. “Finlandia membuka diri untuk bersinergi dengan konsepsi pendidikan di Purwakarta, nanti ada kolaborasi pendidikan di Purwakarta dengan Finlandia,” kata Ambu Anne.

Sementara, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Jari Sinkari melalui penerjemahnya mengaku banyak tertarik dengan dunia pendidikan. Sebab, kedua orang tuanya merupakan seorang guru.

Baca Juga:  Jokotri Ajak Anak Muda Purwakarta Untuk Berwirausaha

Saat dirinya membuka bukti-bukti sejarah Finlandia di abad pertengahan, terdapat cerita rakyat. Dimana kalau di negara lain tokoh pahlawannya merupakan seorang prajurit atau tentara, di Finlandia tokohnya seorang penyihir.

“Lalu banyak pihak yang menanyakan mengapa Finlandia bisa menjadi negara dengan sistem dan praktik pendidikan terbaik di dunia,” kata Jari Sinkari.

Kedubes Finlandia menambahkan, di dalam sejarah Findlandia pedang tidak lebih penting dibandingkan kata-kata. “Pada 1800, Finlandia sebagai negara agrikultur yang miskin dan menderita karena perang. Sekarang, negara saya sangat maju utamanya pendidikan,” kata Jari.

Baca Juga:  Bikin Kinclong! Tips Cuci Velg Ini Tepat Dilakukan Saat Musim Hujan

Yang terjadi selama 100 tahun terakhir di Finlandia merupakan pembangunan investasi pendidikan besar-besaran. “Sehingga prospek jangka panjang bisa dirasakan saat ini,” katanya.

Ditemui di tempat yang sama, menurut Executive Vice Presiden Finlandia University, Pasi Kaskinen kolaborasi pendidikan tersebut merupakan sebuah kehormatan apalagi konsep pendidikan Finlandia dan di Purwakarta. “Setelah mengetahui konsepnya hampir sama, hanya di kita lebih ditekankan lagi karena muara pendidikan adalah siswa,” pungkas Pasi. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat