Mengolah Daging yang Tepat, Ini Caranya!

JABARNEWS | BANDUNG – Setiap Hari Raya Idul Adha, konsumsi dari warga akan meningkat. Hal itu karena sebagian besar warga akan menerima daging kurban yang dibagikan.

Namun ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat mengolah daging.

“Mengolah daging untuk dikonsumsi itu harus matang sempurna. Pertama cuci bersih dulu, tempatnya bersih, air mengalir, lebih baik dibekukan terlebih dahulu,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Bandung, Wilsandi Saefuloh.

Baca Juga:  Bamsoet Minta Milenial Terus Lakukan Aksi Nyata

Menurutnya, untuk suhu pengolahan sekitar 70 derajat sesuai waktu yang sudah ditentukan. Pada suhu tersebut, virus pada daging akan mati.

Baca Juga:  Ratusan Satgas Siap Pastikan Seluruh Hewan Kurban Sehat

“Suhunya sekitar di atas 70 derajat ke atas, ada waktu pemasakannya. Beberapa virus itu ada yang belum mati bahkan. Seperti 60 derajat baru mati dalam waktu 30 menit,” terangnya.

Ia menyarankan agar sanitasi menjadi kunci utama untuk pengolahan. Seperti pisau, tangan, hingga tempat untuk mengemasnya.

Baca Juga:  Walikota Cirebon Desak Jajarannya Harus Kreatif Tingkatkan PAD

“Di cuci bersih dulu dengan air mengalir. Tangan juga dicuci menggunakan sabun. Alat potongnya harus bersih, disarankan tempat pemotongan jangan dari bahan kayu, karena ketika dibersihkan masih ada sisa kayu yang menempel, lebih baik plastik yang sesuai peruntukan,” katanya. (Diskominfo)