Cegah Kekerasan Gender dan Anak di Proyek PLTA Cisokan, PLN Lakukan Ini

Pelatihan lanjutan dari Program Kesetaraan Gender, Pencegahan serta Penanganan Kekerasan Berbasis Gender (KBG) dan Kekerasan Terhadap Anak (KTA) kepada masyarakat dan pekerja. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (PLN UIP JBT) terus berkomitmen dalam upaya penyetaraan gender serta pencegahan segala potensi kekerasan di proyek pembangunan PLTA Upper Cisokan Pumped Storage (UCPS).

Pada 10 Agustus 2023 telah dilaksanakan kegiatan internalisasi dan penyampaian kode etik kepada Tim Kontraktor CGGC – DL E&C – Wika Joint Venture (CDW JV) dan Tim Konsultan Prima Layanan Nasional Enjiniring (PLNE), dengan menggandeng pemateri dari tim konsultan ahli.

Baca Juga:  Pemkab Bandung Barat Gelar HK CUP 2023 Berhadiah Jutaan Rupiah

Internalisasi ini merupakan pelatihan lanjutan dari Program Kesetaraan Gender, Pencegahan serta Penanganan Kekerasan Berbasis Gender (KBG) dan Kekerasan Terhadap Anak (KTA) kepada masyarakat dan pekerja.

Baca Juga:  Pura-pura Alami Kecelakaan Demi Klaim Asuransi, Empat Pria di Bekasi Jadi Tersangka

General Manager PLN UIP JBT, Djarot Hutabri EBS mengatakan bahwa PLN sangat menyadari akan adanya potensi risiko dalam setiap kegiatan pembangunan. Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa potensi risiko tidak hanya pada aspek pembangunan melainkan juga pada aspek lingkungan, sosial, serta keamanan masyarakat.

“Pelaksanaan proyek pembangunan tentunya dekat dengan risiko permasalahan lingkungan dan sosial termasuk adanya potensi terjadinya kekerasan berbasis gender dan kekerasan terhadap anak selama proyek berjalan. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Tim Tenaga Ahli Kesetaraan Gender, Pencegahan serta Penanganan KBG dan KTA menyusun hingga mengimplementasikan program-program yang dapat memitigasi hal tersebut,” kata Djarot dalam keterangan yang diterima, Senin (14/8/2023).

Baca Juga:  Bawaslu Cianjur Perintahkan Panwascam untuk Tertibkan Alat Peraga Kampanye