Ciayumajakuning Bantu Pertumbuhan Ekonomi Jabar Sebesar 10 Persen, BI Cirebon Beberkan Datanya

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Hestu Wibowo, saat menggelar media gathering bersama media di Kantor BI Cirebon. (Foto: Abdul Rohman/JabarNews).

JABARNEWS | CIREBON – Berdasarkan dari hasil survei Kantor Bank Indonesia (BI) Wilayah Cirebon yang dilakukan mengindikasikan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat di triwulan IV tahun 2021 mencapai 6,21 persen per tahun, atau secara tahunan sebesar 3,74 persen.

“Dari sisi pengeluaran perbaikan kondisi ekonomi global mendorong kinerja ekspor Jawa Barat yang tumbuh tinggi mencapai 26,03 persen,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Hestu Wibowo saat media gathering bersama media di Kantor BI Cirebon, Kamis (7/4/2022).

Baca Juga:  Bejat! Seorang Duda Cabuli Bocah SD di Cipaku Ciamis, Korban Ngadu ke Ibunya

Sementara itu, Ciayumajakuning berkontribusi sekitar 10 persen terhadap perekonomian Jawa Barat. Adapun sektor yang dominan menunjang pertumbuhan ekonomi adalah Industri Pengolahan, Perdagangan Besar dan Eceran, Pertanian, Konstruksi, serta Transportasi dan Pergudangan.

Baca Juga:  Jawa Barat Kehilangan Pendapatan Rp5 Triliun Selama Pandemi Covid-19, Sebut Ridwan Kamil

“Ekonomi Ciayumajakuning untuk tahun 2022 diperkirakan tumbuh di kisaran 5,6-6,0 persen di tengah meredanya kasus Covid-19 sehingga mobilitas dan aktivitas ekonomi masyarakat mulai meningkat,” tuturnya.

Baca Juga:  Desember Ini Penumpang Kereta Jarak Jauh di Cirebon Meningkat Pesat

Sedangkan Pada triwulan I 2022, lanjut Bakti Artanta. Perekonomian diperkirakan tertahan akibat peningkatan status PPKM di wilayah Ciayumajakuning yang berdampak pada penurunan aktivitas ekonomi masyarakat.