Ciayumajakuning Bantu Pertumbuhan Ekonomi Jabar Sebesar 10 Persen, BI Cirebon Beberkan Datanya

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Hestu Wibowo, saat menggelar media gathering bersama media di Kantor BI Cirebon. (Foto: Abdul Rohman/JabarNews).

Sementara itu, Kota Cirebon sendiri berkontribusi sebesar 1,13 persen terhadap perekonomian Jawa Barat. Adapun sektor yang dominan menunjang pertumbuhan ekonomi adalah perdagangan besar dan eceran, jasa keuangan dan asuransi, transportasi dan pergudangan, industri pengolahan, serta konstruksi.

Baca Juga:  Galih Potensi Eksport Lokal, Smartfren Gelar Kompotensi Mobil Legends Di Cirebon

“Pada tahun 2021, Kota Cirebon mencatatkan pertumbuhan ekonomi terbesar ketiga di wilayah Ciayumajakuning setelah Kabupaten Majalengka,” ungkapnya.

Kemudian Kota Cirebon sendiri, di bulan Maret 2022 mencatatkan inflasi sebesar 0,64 persen perbulan sehingga secara kumulatif dari Desember 2021 sampai dengan Maret 2022 terjadi inflasi sebesar 1,35 persen.

Baca Juga:  Anarkistis di Mapolda Jawa Barat, Anggota GMBI di Cirebon Dirazia

Memasuki bulan Ramadhan dan menyambut momen Idul Fitri, KPw BI Cirebon bekerja sama dengan perbankan dan BPR se-Ciayumajakuning untuk memenuhi penukaran uang baru oleh masyarakat.

Baca Juga:  Nawali Dieksekusi Mati, Keluarga: Kami Semua Merasa Syok

Dari sisi perkembangan penggunaan transaksi digital atau nontunai, baik secara volume transaksi maupun nominal transaksi, instrumen Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) memiliki porsi paling dominan pada bulan Februari 2022 di wilayah Ciayumajakuning.