Cibeber Cianjur Dikepung Banjir dan Longsor: Rumah Warga Ambruk, Sawah Rusak

Ilustrasi bencana longsor. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | CIANJUR – Peristiwa bencana alam yang sebelumnya hujan deras longsor terjang rumah ambruk, hektaran sawah rusak dan pemukiman penduduk dikepung banjir di sejumlah desa ada di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Senin (5/9/2022) malam.

Camat Cibeber Epi Rusmana mengatakan, telah melakukan cek ke lapangan di sejumlah titik desa terdampak bencana alam, baik itu longsor, banjir yang mengakibatkan rumah dan lahan sawah petani warga hal sama mengalami kerugian material.

Baca Juga:  Baznas Cianjur Targetkan Penyaluran ZIS 2023 Sebesar Rp24 Miliar

“Masih bersyukur tidak ada korban jiwa saat peristiwa terjadi malam itu,” katanya, Selasa (6/9/2022).

Epi mengungkapkan, malam itu hujan cukup deras hingga terjadinya banjir dan longsor. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemkab) melalui BPBD Cianjur dan beberapa dinas lembaga terkait lainnya, kalau laporan sudah masuk dan nantinya akan didata dulu untuk ditindaklanjuti.

Baca Juga:  Menyoal Hari Terakhir Tanggap Darurat, Ini Penjelasan Bupati Cianjur

“Artinya mana saja warga yang terkana dampak, khususnya warga menjadi korban rumah dan sawahnya rusak di sejumlah desa,” jelas Camat Cibeber.

Baca Juga:  Tiga Napiter di Lapas Cirebon Berikrar Setia kepada NKRI

Terpisah, Kapolsek Cibeber Kompol H. M. Falahudin mengatakan, saat itu juga warga bergotong royong menyelamatkan harta benda yang masih bisa diselamatkan, volume banjir sampai dengan saat ini sudah mulai surut. Sementara, pemilik rumah dievakuasi di rumah saudaranya, demi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.