Cibeber Cianjur Dikepung Banjir dan Longsor: Rumah Warga Ambruk, Sawah Rusak

Rumah warga yang rusak ambruk diterjang longsor di Cibeber, Cianjur. (Foto: Dok. Polsek Cibeber).

JABARNEWS | CIANJUR – Peristiwa bencana alam yang sebelumnya hujan deras longsor terjang rumah ambruk, hektaran sawah rusak dan pemukiman penduduk dikepung banjir di sejumlah desa ada di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Senin (5/9/2022) malam.

Camat Cibeber Epi Rusmana mengatakan, telah melakukan cek ke lapangan di sejumlah titik desa terdampak bencana alam, baik itu longsor, banjir yang mengakibatkan rumah dan lahan sawah petani warga hal sama mengalami kerugian material.

“Masih bersyukur tidak ada korban jiwa saat peristiwa terjadi malam itu,” katanya, Selasa (6/9/2022).

Baca Juga:  Alun-alun Cianjur Kembali Dibuka, Pengunjung Dibolehkan Tak Pakai Masker Jika...

Epi mengungkapkan, malam itu hujan cukup deras hingga terjadinya banjir dan longsor. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemkab) melalui BPBD Cianjur dan beberapa dinas lembaga terkait lainnya, kalau laporan sudah masuk dan nantinya akan didata dulu untuk ditindaklanjuti.

“Artinya mana saja warga yang terkana dampak, khususnya warga menjadi korban rumah dan sawahnya rusak di sejumlah desa,” jelas Camat Cibeber.

Terpisah, Kapolsek Cibeber Kompol H. M. Falahudin mengatakan, saat itu juga warga bergotong royong menyelamatkan harta benda yang masih bisa diselamatkan, volume banjir sampai dengan saat ini sudah mulai surut. Sementara, pemilik rumah dievakuasi di rumah saudaranya, demi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  DPRD Jabar Sebut UMKM di Kabupaten Cianjur Tetap Bertahan Meski Terdampak Covid-19