Ciptakan Zero Halinar, Lapas Purwakarta Lakukan ini.

Pemusnahan barang hasil sitaan di Kamar Warga Binaan Lapas Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Purwakarta terus berkomitmen keras untuk menciptakan zero Halinar atau bebas dari penyalahgunaan narkoba, pungli dan handpone (Halinar) untuk meningkatkan pengamanan yang ada di dalam Lapas dengan menggunakan berbagai metode.

Metode btersebut, yaitu melakukan deteksi dini, pemberantasan narkoba dan benda terlarang di lingkungan Lapas Purwakarta, serta menjalin sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum (APH) di Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta Larang ASN Pake Mobil Dinas untuk Mudik Lebaran

Kepala Lapas Kelas IIB Purwakarta, Yusep Antonius mengatakan, pihaknya terus melakukan deteksi dini dengan cara petugas Lapas merangkul langsung para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada.

Baca Juga:  JDIH DPRD Kota Bandung Juara I Jabar, Tedy Rusmawan: Buah Kerja Sama Tim

Dia menilai ,sangat efektif untuk mencari tahu permasalahan yang ada di dalam blok hunian dengan cara tersebut. Sebab, komunikasi dua arah antar WBP dan petugas juga sangat penting untuk mendeteksi suatu hal yang terjadi di lingkungan Lapas.

Baca Juga:  Samsat Digital Mandiri di Jabar Jadi Percontohan Tingkat Nasional, Begini Kelebihannya

Selanjutnya, Kata Dia, guna mencegah adanya peredaran narkoba, pungli dan handpone di dalam lapas, pihaknya juga menggencarkan deteksi dini dengan melakukan razia secara insidentil atau dadakan di dalam kamar hunian.