Cuaca Buruk, Petani Ikan di Jatiluhur Merugi

Warga saat mengambil ikan mati yang dibagikan petani KJA di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews) 
JABARNEWS | PURWAKARTA – Petani ikan yang membawa ikan mati di Kolam Jaring Apung (KJA) diserbu Warga Desa Jatimekar, Jatiluhur, Purwakarta. Petani sengaja membawa ikan itu menggunakan perahu ke daratan di wilayah Kampung Serpis untuk dibagikan kepada warga sekitar
Salah satu pemilik kolam, Nono Supriatna, mengatakan, ia memberikan ikan itu karena terjadi kematian massal pada ikan yang sudah ia tanam dua bulan lalu di kolam jaring ikan. Kematian terjadi pada Minggu, 1 Januari 2023 malam.
“Sebenarmya yang mati banyak banget ada sekitar 18 Ton, cuma yang di perahu itu yang ke bawa aja. Sengaja di bawa untuk dibagikan ke warga siapa tau ada yang membutuhkan untuk ikan asin. Daripada dibuang,” ucap Nono, saat sedang membagikan ikan, Pada Selasa, 3 Januari 2023.
Ia menyebut, ikan itu tidak semua mati, ada yang masih mengap-mengap dan ada yang mati namun masih segar karena baru mati beberapa waktu lalu.
Warga sekitar langsung berbondong-bondong mendekati perahu, mereka membawa berbagai wadah seperti plastik besar, karung, ember hingga wadah yang bisa menampung ikan lebih banyak.