Daftar Tunggu Haji di Bandung Barat Capai 21 Tahun

Jemaah haji
Para calon jemaah haji Indonesia berangkat ke tanah suci saat sebelum pandemi Covid-19. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Bagi warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang ingin menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah harus menunggu dengan penuh kesabaran. Pasalnya, daftar tunggu haji di wilayah tersebut mencapai 21 tahun.

Artinya, jika warga Bandung Barat mendaftar haji tahun ini, maka calon haji bersangkutan baru bisa berangkat ke tanah suci Mekkah pada tahun 2043 mendatang.

Baca Juga:  Sudah 4 Kasus Keracunan Massal Terjadi di Jawa Barat, Begini Respon Dinkes

Penantian panjang para calon jemaah haji ini bukan tanpa alasan. Diketahui, selama pandemi covid-12 Indonesia sebanyak dua kali berturut-turut batal mengirimkan calon jemaah haji. Meski tahun ini telah dibuka kembali, jumlahnya pun masih terbatas.

Baca Juga:  Isak Tangis Warnai Keberangkatan Calon Haji Asal Serdang Bedagai ke Tanah Suci

Berdasarkan data dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bandung Barat, saat ini ada sekitar 22 ribu calon jemaah haji masuk dalam daftar tunggu keberangkatan haji tahun ini.

Baca Juga:  Polisi Selidiki Motif Nenek di Bandung Barat Tega Bacok Suaminya

“Jumlahnya ada sekitar 22 ribu waiting list. Kemudian untuk masa tunggu pemberangkatan haji tahun ini sekitar 21 tahun,” ujar Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag KBB, Didin Saepudin kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).