Dedi Iskandar: Hama Wereng Rusak Ribuan Hektar Tanaman Padi di Sergai

JABARNEWS I SERDANG BEDAGAI – Petani di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara mengalami kerugian akibat serangan hama wereng yang mengancam hasil panen padi pada tahun ini.

Kadis Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai, Dedi Iskandar, mencatat sedikitnya terdapat 2.863 hektar tanaman padi di Kabupaten Serdang Bedagai terserang hama wereng.

“Data keseluruhan ada 2.863 hektar tanaman padi yang diserang hama wereng,” katanya, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga:  Ini Fakta Baru Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Menurutnya, merebaknya wereng bukan disebabkan musiman, namun beberapa faktor, diantaranya faktor cuaca, hama wereng yang berimigrasi dan pola tanam.

“Faktor cuara, berimigrasi dan pola tanam dapat munculnya hama wereng,” ucap Dedi.

Kata dia, daerah paling parah diserang  wereng, yakni Kecamatan Sei Rampah, Teluk Mengkudu dan Sei Bamban, namun kecamatan lain juga diserang wereng, namun tidak begitu parah.

Baca Juga:  Kades Tersandung Hukum, Pelayanan di Desa Salem Tetap Berjalan

“Serangan wereng tidak menyebabkan petani gagal panen, Dinas Pertanian langsung turun kelapangan untuk mengatasainya,” terang dia.

Menurut Dedi, di Kabupaten Serdang Bedagai sendiri ada sekitar 28.173 sawah produktif. Untuk membantu para petani dalam membantu petingkatan hasil produksi, Dinas Pertanian Serdang Bedagai memiliki 115 tenaga PPL yang bertugas di 6 Balai Penyuluhan Pertanian yang ada.

Baca Juga:  Gempa M 3,9 di Nias Selatan, Getaran Terasa di Mandailing Natal

“Sebenarnya, untuk penanggulangan hama, salahsatunya dengan cara penanaman serentak, pola tanam serentak akan memutus siklus hama wereng,” papar Dedi. (Ptr)