Diguyur Hujan Deras, Dua Kecamatan di Cianjur Diterjang Banjir

ilustrasi, Banjir. (Dodi/Jabarnews)

JABARNEWS | CIANJUR – Banjir menerjang dua kecamatan di Kabupaten Cianjur akibat hujan deras yang mengguyur sebagian daerah tersebut pada Jumat (23/9/2022) malam.

Atas insiden itu PMI dan Relawan Tangguh Bencana (Retana) BPBD Cianjur diterjunkan untuk menyelamatkan warga yang terjebak banjir di dua kecamatan yakni Kecamatan Leles dan Sindangbarang.

Baca Juga:  Pemda Purwakarta Sangat Terbuka Menerima Kehadiran Peserta Kirab Pemuda

Koordinator Lapangan PMI Cianjur Deni Rismanda mengatakan hujan deras yang melanda sebagian besar wilayah Cianjur dengan intensitas lebih dari dua jam menyebabkan sungai di wilayah selatan Cianjur meluap, sehingga mengenangi jalan penghubung antarkecamatan.

Baca Juga:  Hujan Deras, Warga Sukanagara Cianjur Dikepung Banjir

“Hujan turun deras lebih dari tiga jam, sehingga sejak petang kami sudah mengimbau warga untuk waspada dan segera mengungsi ketika melihat air sungai meluap. Sekitar pukul 20.35 WIB, air sungai meluap hingga ke jalan menutup landasan jalan setinggi lutut orang dewasa,” kata Deni.

Baca Juga:  Pemkab Bandung Buka Ribuan Untuk Formasi PPPK dan CPNS 2021, Ini Penyebabnya

Banjir bandang yang nyaris bersamaan melanda sebagian besar pusat Kecamatan Leles dan Sindangbarang, akibatnya tidak hanya memutus jalur penghubung, air bah juga merendam seratusan rumah di kedua wilayah tersebut, sehingga sebagian besar warga diminta untuk mengungsi.