Dishub Jabar Ungkap Fenomena Mudik Lebaran 2022, 740.883 Kendaraan Belum Kembali Pulang

Ilustrasi pemudik yang melintasi wilayah Jawa Barat. (Foto: Dok Humas Pemprov Jabar)

JABARNEWS | BANDUNG – Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat Agus Priyadi mengatakan bahwa penyelenggaraan mudik Lebaran tahun 2022 berjalan cukup baik meski kemacetan tidak dapat dihindari karena tingginya antusiasme masyarakat untuk mudik.

“Penerapan kebijakan one way di jalur tol maupun arteri dirasa cukup efektif mengurai kemacetan. Berdasarkan hasil evaluasi, pada mudik tahun 2022 ini, jumlah kendaraan arus mudik atau balik yang menuju maupun melintas di wilayah Jabar mengalami peningkatan sebesar 11 persen dibandingkan pada tahun 2019,” kata Agus di Kota Bandung, (24/5/2022).

Baca Juga:  Pemprov Jabar Kecam Tindak Kekerasan Komunitas Motor di Kota Bandung

“Apabila melihat preferensi dari jalur mudik yang digunakan, jumlah kendaraan yang menggunakan jalur utara lebih besar, 60 persen dibandingkan dengan jumlah kendaraan yang menggunakan jalur selatan yang hanya sebesar 40 persen dari total volume lalu lintas,” tambahnya.

Baca Juga:  PAD Kota Bandung Naik 159 Persen, Ini Tiga Sektor Penyumbang Pendapatan Paling Tinggi

Selain itu, Agus menuturkan bahwa fenomena yang berbeda juga terjadi pada arus balik. Hingga 10 Mei 2022, katanya, masih terdapat 32 persen pemudik atau 740.883 kendaraan belum kembali ke asal.

Baca Juga:  Sukses Dukung Program JKN, Pemkot Tebing Tinggi Terima Penghargaan UHC Award

Hal itu terjadi, di antaranya, akibat kebijakan pemerintah terkait perpanjangan waktu libur untuk anak sekolah.