Diskoperindag Cianjur Ungkap Penyebab Harga Kebutuhan Pokok Naik Jelang Bulan Puasa

Kebutuhan pokok
Ilustrasi kebutuhan pokok. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | CIANJUR – Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Dikoperindah) Kabupaten Cianjur mencatat, menjelang masuknya bulan puasa harga sejumlah sayur mayur mengalami kenaikan seperti cabai keriting, bawang putih dan bawang merah.

Kepala Diskoperindag Cianjur Tohari Sastra mengatakan, kenaikan kebutuhan pokok tersebut dikarenakan tingginya pemakaian sedangkan stok minim.

Baca Juga:  Depresi Anaknya Sakit, Seorang Bapak Nyebur ke Sumur

“Untuk harga cabai rawit saat ini Rp60.000 per kilogram turun Rp10.000 dibandingkan pekan lalu, sedangkan cabai keriting masih dijual di angka Rp40.000 per kilogram dari Rp32.000 per kilogram, sedangkan bawang putih dan merah mengalami kenaikan dari Rp27.000 menjadi Rp29.000 per kilogram,” kata Tohari di Cianjur, Minggu (20/3/2022).

Baca Juga:  Sebanyak 16 Kecamatan dan 169 Desa di Cianjur Terdampak Gempa Bumi

Dia menjelaskan, minimnya stok akibat panen yang tidak maksimal di tingkat petani serta penyaluran yang terlambat karena faktor cuaca, membuat harga mengalami kenaikan.
Ditambah, lanjut Tohari, menjelang masuknya bulan puasa tingkat pemakaian meningkat, namun pihaknya memprediksi harga akan kembali turun sepekan setelah puasa.

Baca Juga:  Kisah Aisah Si Penderita Tumor Ganas yang Takut Diamputasi, Dinkes Cianjur Lakukan Langkah Ini

Kenaikan harga menjelang puasa dan lebaran, sudah rutin terjadi termasuk untuk harga daging dan kebutuhan pokok, tercatat saat ini harga daging sapi masih bertahan di angka Rp130.000 per kilogram.