Dodol Kacang Dari Desa Pamekarsari Garut Yang Sudah Mendunia

JABARNEWS | GARUT – Berlokasi di Desa Pamekarsari, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terdapat salah satu rumah produksi Dodol yang telah melegenda. Yakni dodol Kacang.

Pengrajin Dodol Kacang ini sudah ada sejak tahun 1990-an. Selain itu, dodol tersebut di buat oleh salah satu empunya dodol kacang Di Kabupaten Garut.

Baca Juga:  Polisi Berhasil Tangkap Pelaku Teror Pelemparan Sperma

Dodol yang dikenal gurih dan legitnya ini kerap menjadi buah tangan makanan khas dari Garut, di samping dodol Picnic yang telah lebih dulu mendunia.

Menurut Eulis Siti Hayani, pembuat dodol, biasanya saat bulan haji ada yang sengaja bawa buat oleh-oleh di sana, pernah juga ada yang pesan buat oleh-oleh ke Qatar, Belgia, dan Australia.

Baca Juga:  Laga Timnas Lawan Timur Leste, PSSI harapkan digelar pada Tanggal Ini

Dodol Kacang yang diproduksi di Desa Desa Pamekarsari ini memiliki 6 macam varian dodol yakni angleng, kacang hijau, kacang merah, ubi ungu, wajit putih dan merah dijual Rp 42 ribu per kilogram, sementara dodol coklat dan labu kuning Rp 45 ribu per kilogram.

Untuk bisa sampai Ke desa Pamekarsari, Kalin mesti menempuh jarak kurang lebih 89 Kilometer, dengan estimasi waktu sekitar 3 jam lebih.

Baca Juga:  Ada 3 Daerah di Jabar pada Pilkada 2020 Berisiko Tinggi Covid-19

Sungguh menarik bukan potensi yang dimiliki desa Pamekarsari di Kabupaten Garut ini. Dengan begitu kalian bisa menjadikan daerah ini sebagai salah satu tempat yang bisa disinggahi. (Red)