DPRD Ciamis Minta Pemerintah Teliti Situs Diduga Peninggalan Kerajaan

JABARNEWS | CIAMIS – Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Nanang Permana meminta pemerintah untuk melakukan penelitian terhadap keberadaan susunan batu yang diduga bekas peninggalan sebuah Kerajaan yang terletak di Dusun Sukaraharja, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis.

“Dengan penemuan susunan batu tersebut, harus dilakukan langkah upaya dalam menjaga susunan batu tersebut, agar tidak rusak, apalagi kalau ada pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil bagian batu tersebut,” ujar Nanang, Minggu (19/01/2020).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Tegaskan Jabar Siap Bantu Penerjemahan Kitab Babad Padjadjaran

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas terkait harus sesegera mungkin untuk mengusulkan penelitian dari Arkeolog untuk memastikan susunan batu yang begitu rapih itu bekas peninggalan sejarah kerajaan atau bukan.

Sementara itu, menurut warga sekitar, Tarmadji, lokasi susunan batu yang terletak persis dipinggir pesawahan milik warga itu, diatasnya merupakan sebuah bukit, dan bukit tanah tersebut ada yang punya.

Baca Juga:  Herman Suherman Jamin Obyek Wisata di Cianjur Aman Dikunjungi saat Libur Nataru

“Dibagian atas susunan batu yang diduga mirip sebuah keraton kerajaan tersebut terdapat pohon besar yang tumbuh diatasnya, dan akar-akar pohon serta daun dan rerumputan tersebut sebagian sudah menutupi situs susunan batu tersebut” ujarnya

Konon katanya, susunan batu yang diduga mirip sebuah keraton kerajaan tersebut terkenal angker, para warga sekitar pun langsung menghentikan aktifitasnya disawah, ketika waktu menjelang petang.

“Disamping itu, di situs susunan batu tersebut, terdapat semacam sebuah pintu masuk ke dalam, namun pintu tersebut seakan tertutup oleh balokan batu, mungkin itu pintu masuk menuju ke dalamnya.

Baca Juga:  Baru Dibangun Tahun 2019, Gedung Instalasi Farmasi Sergai Terlihat Ada yang Retak

Tarmadji menduga bahwa di dalam situs susunan batu yang mirip keraton bekas peninggalan sebuah kerajaan tersebut terdapat ruangan yang mungkin lumayan cukup luas, namun sejauh ini belum ada yang tahu isi susunan baru tersebut,” ucapnya. (Tny)