DPRD Dukung Kerjasama Pemkot Bandung dan Melbourne

DPRD Kota Bandung mendukung dan menyambut baik kerjasama Kota Bandung dan Melbourne Australia.

JABARNEWS | BANDUNG – Komisi A DPRD Kota Bandung membahas kerja sama Pemerintah Kota Bandung dengan Pemerintah Kota Melbourne Australia bersama Assisten 1 Setda Kota Bandung, Kepala Diskominfo Kota Bandung, Bag. Kerja Sama Setda Kota Bandung, di Ruang Bamus DPRD Kota Bandung, Jumat, (2/9/2022).

Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi A, H. Rizal Khairul, S.IP., M.Si, dan dihadiri Sekretaris Komisi A, Erick Darmajaya, B.Sc., M.K.P., juga anggota Komisi A, H. Agus Andi Setiawan, S.Pd.I., Khairullah, S.Pd.I., Ir. H. Riantono, S.T., M.Si, baik secara langsung dan juga teleconference.

Baca Juga:  Basarnas Nias Siagakan 48 Personel Rescuer Jelang Tahun Baru

Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung, H. Rizal Khairul S.IP., M.Si mengatakan, rencana kerja sama dengan luar negeri ini diharapkan menguntungkan kedua belah pihak.

Ketua Komisi A juga berharap adanya masukan dan dapat terintegrasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait pelaksanaan kerja sama antar negara ini.

“Jika menguntungkan untuk warga Kota Bandung kenapa tidak? Dan ini rencananya apa saja programnya mohon lebih rinci lagi penjelasannya. Dalam hal ini juga diperlukan adanya keuntungan mengenai rencana program kerja sama dalam bentuk apapun. Baik itu dalam bentuk kerja sama pendidikan, bisnis, dan pariwisata,” kata Rizal.

Baca Juga:  Drainase Buruk Picu Banjir Di Subang

Pada kesempatan yang sama, Erick Darmadjaya selaku sekretaris dari Komisi A mengatakan perlu ada timbal balik dari program kerja sama tersebut.

“Jangan sampai dalam kerja sama ini jangan hanya Kota Melbourne saja yang memberikan manfaat pada kita, tetapi kita Kota Bandung juga harus memberikan manfaat pada mereka” ujarnya.

Baca Juga:  Komisi A DPRD akan Bahas Kenaikan Insentif Petugas RT RW di Kota Bandung

Keuntungan kerja sama dari Kota Bandung ke Kota Melbourne, Australia di antaranya, Rencana Pengajaran Bahasa Indonesia di Kota Melbourne yang akan dilakukan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Investasi Pendidikan dari Kota Melborne ke Kota Bandung dan Ruang Promosi untuk UMKM Kota Bandung di Kota Melbourne. Terkait rencana kerja sama antara Kota Melbourne dan Kota Bandung ini belum mendapat persetujuan. Rencananya akan ada pembahasan lebih lanjut mengenai hal ini. **