DPRD: Maksimalkan Fungsi 200 CCTV di Kota Bandung

Terdapat 200 CCTV di Kota Bandung yang tersebar titik wilayah. (foto:istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Anggota Komisi C DPRD Kota Bandung, Muhammad Al Haddad meminta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) untuk memaksimalkan keberadaan CCTV di Kota Bandung, apalagi jumlah  penempatan CCTV yang ada mencapai 200 unit dan tersebar di berbagai titik.

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Kerja Komisi C DPRD Kota Bandung terkait Evaluasi Program Kerja Triwulan I dan II TA 2022 dan Rencana Progran Kerja TA 2023 bersama Diskominfo Kota Bandung, Jumat (17/6/2022).

“Terkait 200 CCTV, pemilihan lokasi dan berdasarkan apa penempatan titiknya, ini sangat penting dan harus diperhatikan,” ujarnya.

Baca Juga:  Datangi DPC Partai Hanura Purwakarta, Dadan & Mamat Terlihat "Mesra"

Menurut dia, pemanfaatan CCTV ini sangat penting terlebih banyaknya kawasan ataupun kejadian yang dapat terpantau dengan fasilitas tersebut.

“Harapannya ini bisa dimaksimalkan secara optimal, karena ini merupakan salah satu upaya dalam menjadikan Kota Bandung sebagai smart city,” ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap Pemkot Bandung dapat terus mensosialisasikan berbagai aplikasi yang telah diluncurkan. Dengan demikian, dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Bandung.

Baca Juga:  Taat Berlalu Lintas, Resimen Armed 2/1 Kostrad Cek Kendaraan Prajurit

“Jadi sosialisasikan terus, dan bagaimana agar dampaknya dapat terasa, mulai dari kemudahan akses, penggunaannya dan lain sebagainya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi C DPRD Kota Bandung lainnya, Folmer SM Silalahi mengatakan bahwa saat ini Kota Bandung meluncurkan wifi gratis di 40 Taman yang bisa diakses oleh masyarakat.

DPRD berharap pengadaan wifi tersebut dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Di sisi lain, terkait perlu dilakukan pemantauan terhadap tower penyedia layanan seluler, terutama yang belum berizin.

Baca Juga:  SAH, DPRD Kota Bandung Tetapkan Dua Raperda Menjadi Perda

“Kita melihat ada tower-tower penyedia layanan seluler yang belum berizin, ini bagaimana pengawasannya dalam rangka menambah PAD Kota Bandung,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung, Yudi Cahyadi mendorong agar infrastruktur terkait smart city untuk terus dikembangkan. Dengan demikian, berbagai hal dapat terintegrasi dengan Diskominfo Kota Bandung.

“Infrastruktur yang mendukung terus dimaksimalkan oleh Diskominfo, agar Kota Bandung sebagai Smart City dapat semakin terwujud,” katanya.**