Dua Pengunjung Kebun Binatang Bandung Positif Covid-19

JABARNEWS I BANDUNG – Ada dua orang pengunjung Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga), Kota Bandung yang dinyatakan positif Covid-19. 

“Di luar yang mau masuk ada dua orang positif,” kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana melakukan monitoring pelaksanaan tes Antigen di Kebun Binatang Bandung, Minggu (16/5/2021).

Yana Mulyana mengatakan, dua orang yang terpapar tersebut telah ditangani Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung dengan perawatan yang optimal sesuai dengan SOP yang berlaku. 

Baca Juga:  Hari RA Kartini, Ini Sejumlah Perempuan Yang Ikut Bangun Kota Bandung

Menurut Yana Mulyana, protokol Kesehatan (prokes) yang diterapkan di Bazoga sudah sesuai arahan Pemerintah Kota Bandung.

“Kalau kita lihat penerapan prokes di sini, baik dan terkendali. Untuk pengunjung yang masuk pun dibatasi yakni 4.427 orang dan di area dalam Bazoga pun tidak ada kerumunan,” kata Wakil Wali Kota Bandung.

Kalau pun ada yang berkelompok, kata Yana Mulyana, pengunjung Kebun Binatang Bandung adalah satu keluarga. Petugas Bazoga juga dinilai rajin memberikan imbauan agar untuk memakai masker dan jaga jarak.

Baca Juga:  Sempat Disegel Warga, Kantor Desa Pangkalan Purwakarta Akhirnya Dibuka

“Di luar banyak antrian kita atur flow-nya, kalau tampak dari luar memang jadi ada kerumunan untuk antri tiket. Hal ini menjadi evaluasi agar terus meningkatkan pengamanan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara membantah adanya pengunjung Bazoga yang terpapar Covid-19.

Baca Juga:  Jawa Barat Bakal Berpotensi Diguyur Hujan Lebat dan Petir, BMKG Minta Waspada

“Oh itu bukan pengujung, tapi dari gate tol,” ucap Ahyani Raksanagara, usai kunjungan monitoring tes antigen di Bazoga.

Ahyani Raksanagara mengatakan tes rapid antigen yang dilakukan di Bazoga merupakan fasilitas yang diberikan Dinkes sebagai langkah antisipasi adanya penyebaran Covid-19 di lokasi wisata.

“Kami lakukan random di beberapa lokasi, termasuk Bazoga,” kata Ahyani Raksanagara. (Red)