Duh! Selama Tiga Bulan, Belasan Anak Berkonflik dengan Hukum di Sukabumi

ABH
Ilustrasi Anak Berkonflik dengan Hukum. (Foto: Ist/Net).

Namun demikian, pihaknya pun akan melakukan penahanan terhadap ABH jika korbannya mengalami luka berat atau sampai meninggal dunia serta mengalami kesengsaraan seumur hidup.

“Kalau untuk yang korban meninggal dunia dan luka berat, proses hukum tetap berjalan, tapi untuk luka ringan kebetulan pelakunya masih di bawah 13 tahun sesuai undang-undang sistem perlindungan anak tidak bisa di lakukan penahanan karena ancaman hukumannya juga di bawah 7 tahun penjara,” jelasnya.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Delapan Tersangka Rudapaksa Anak di Bawah Umur di Sukabumi, Ini Modusnya

Menurut Bayu, kekerasan yang terjadi atau dilakukan oleh anak disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya perhatian dari orang tua, ikut-ikutan, tayangan media sosial atau internet yang sering menampilkan kekerasan serta dendam turun temurun seperti pada kasus tawuran antar-pelajar.

Baca Juga:  Cegah Pungli, Puluhan Polisi di Sukabumi Disiagakan di Objek Wisata

“Maka dari itu, untuk menekan angka kasus kekerasan pada anak, polisi tentunya tidak bisa bekerja sendiri tetapi yang sangat berperan adalah orang tua atau keluarga. Di mana anak harus merasa nyaman dekat orang tuanya serta setiap aktivitasnya selalu mendapatkan perhatian dan pengawasan,” tandasnya. (Red)

Baca Juga:  DPRD Jabar Sebut Fasilitas Sekolah Tatap Muka di Kabupaten Bandung Sudah Siap