Duta Besar Amerika Serikat: Ridwan Kamil Punya Masa Depan Cerah di Indonesia

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat bertemu kunjungan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim beserta delegasi di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (23/2/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).

Kim mengaku kedatangannya ke Bandung adalah untuk membahas rencana peningkatan investasi Amerika Serikat di Jabar. Hal ini juga sebagai upaya peningkatan hubungan diplomasi antar dua negara.

“Saya mendengar dari Pak Gubernur (Ridwan Kamil) rencana besar dan kuat terkait investasi bisnis Amerika Serikat. Saya menantikan untuk bisa bekerja sama dengan Jabar serta memastikan kita bisa memaksimalkan kesempatan kerja sama dengan perusahaan Amerika Serikat dan meningkatkan hubungan kedua negara (US-Indonesia),” ucapnya.

Baca Juga:  Tahun Ini Dinas PUPR Alokasikan Anggaran Rp71,2 Miliar Bangun Jalan dan Jembatan di Serdang Bedagai

Sementara itu, Ridwan Kamil menyampaikan, berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atau Kementerian Investasi, Jawa Barat tertinggi realisasi investasi di seluruh Indonesia dengan angka Rp136,1 triliun. Namun, investasi dari Amerika Serikat masih belum menjadi yang pertama di Indonesia.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Hentikan Program Unggulan Era Ridwan Kamil

“Saya sampaikan kita (Jabar) investasi selalu juara satu dan berharap bisnis dari Amerika Serikat bisa datang lebih besar. Amerika belum masuk ke lima besar (investor),” ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga:  Resmikan Gedung ANNAS, SETARA Institute Sebut Walikota Bandung Intoleran

Ridwan Kamil menambahkan, sektor ekonomi masih akan menjadi fokus pada peluang kerja sama dengan Amerika Serikat. Meskipun tidak menutup kemungkinan mendatang membahas peluang kerja sama di bidang lain seperti pendidikan dan kebudayaan.